Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2023, 08:20 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Belakangan muncul tren memakan bawang putih mentah dicampur dengan mayones atau madu di media sosial, padahal bawang putih mentah cenderung memiliki rasa yang lebih kuat dan menyengat.

Meski begitu, pada dasarnya bawang putih mentah aman dikonsumsi. Terlebih lagi, bawang putih mentah bahkan dapat mempertahankan senyawa yang lebih bermanfaat daripada bawang putih yang dimasak dan meningkatkan beberapa aspek kesehatan.

Manfaat kesehatan bawang putih mentah

Bawang putih mengandung allicin, suatu senyawa sulfur yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Allicin ini memberikan rasa dan aroma khas pada bawang putih. Senyawa ini dihasilkan ketika bawang putih segar dihancurkan atau dicincang.

Penelitian menunjukkan, allicin dapat meningkatkan fungsi sistem imun dan memberikan perlindungan terhadap penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Akan tetapi, proses memasak seperti memanggang, merebus, atau mengawetkan bawang putih dapat mengurangi kadar allicin dalamnya secara signifikan.

Oleh karena itu, meskipun konsumsi bawang putih yang dimasak tetap bermanfaat, memilih bawang putih mentah dapat membantu memaksimalkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bawang putih mentah:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan, bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan senyawa yang mengandung sulfur seperti allicin .

  • Mendukung kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung.

  • Menstabilkan kadar gula darah

Bawang putih dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan manajemen gula darah yang bermanfaat untuk mengelola diabetes tipe 2.

  • Melindungi kesehatan otak

Meskipun penelitian pada manusia masih terbatas, penelitian pada hewan menunjukkan mengonsumsi bawang putih segar atau ekstrak bawang putih yang sudah tua dalam jumlah besar dapat meningkatkan daya ingat dan mendukung kesehatan otak.

Baca juga: 2 Cara Simpan Bawang Putih Cincang agar Awet sampai 6 Bulan

Bawang putih cincang yang disimpan di freezer bakal awet hingga 6 bulan. SHUTTERSTOCK/MNIMAGE Bawang putih cincang yang disimpan di freezer bakal awet hingga 6 bulan.

Risiko mengonsumsi bawang putih mentah

Meskipun bawang putih mentah memiliki sejumlah manfaat kesehatan, kita juga perlu memperhatikan potensi risikonya.

Pertama, bawang putih mentah memiliki rasa dan aroma yang jauh lebih kuat daripada bawang putih yang dimasak, yang mungkin tidak disukai oleh sebagian orang.

Selain itu, bagi mereka yang mengidap penyakit refluks gastroesofagus (GERD), sering disarankan untuk membatasi konsumsi bawang putih untuk mencegah perut mulas.

Senyawa tertentu yang terdapat dalam bawang putih mentah dapat mengiritasi saluran pencernaan yang bisa mengakibatkan sensasi terbakar di dada atau perut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com