Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawang Putih Bisa Meningkatkan Gairah Seks, Benarkah?

Kompas.com - 14/08/2023, 14:00 WIB
Putri Aulia,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki segudang manfaat kesehatan.

Beberapa penelitian menyebutkan, bawang putih bisa membantu melawan peradangan, mengurangi kadar kolesterol, dan melindungi dari penyakit kronis.

Dengan banyaknya khasiat bawang putih sebagai obat, orang mungkin juga bertanya-tanya apakah bawang putih dapat meningkatkan fungsi seksual atau meningkatkan gairah seks?

Bawang putih dapat membantu meningkatkan aliran darah yang dapat membantu mencegah disfungsi ereksi. Namun, kesimpulan ini masih perlu diuji dalam lebih banyak penelitian.

Baca juga: Cara Tepat Tingkatkan Khasiat Bawang Putih

Dapat meningkatkan kesuburan pria

Selain meningkatkan aliran darah, beberapa penelitian menemukan, bawang putih dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Bawang putih terbukti membantu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kadar testosteron. Hal ini disebabkan oleh sifat antioksidan yang dimiliki oleh bawang putih.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, yaitu S-allyl sistein dapat meningkatkan produksi testosteron pada tikus.

Selain itu, penelitian pada hewan lainnya juga menunjukkan, ekstrak bawang putih yang sudah tua dapat melindungi dari perubahan produksi sperma dan kadar testosteron yang disebabkan oleh kemoterapi.

Namun, tentu saja dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan bagaimana bawang putih dapat memengaruhi kesuburan pria dan kadar testosteron pada manusia.

Baca juga: Perubahan Gairah Seks Berdasarkan Usia, dari 20-60 Tahun

Bertindak sebagai antioksidan

Bawang putih segar dan ekstrak bawang putih yang sudah tua kaya akan antioksidan dan dapat membantu menetralisasi senyawa berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Antioksidan tidak hanya dapat membantu melindungi dari penyakit kronis, tetapi juga dapat memainkan peran penting dalam kesehatan seksual dan kesuburan.

Menurut sebuah penelitian, di antara 100 pria dengan infertilitas yang mengonsumsi suplemen antioksidan bisa meningkatkan jumlah sperma.

Sementara, penelitian pada tikus ditemukan, senyawa S-allyl sistein dari bawang putih yang meningkatkan fungsi ereksi dengan menghalangi pembentukan radikal bebas.

Menurut beberapa penelitian pada manusia dan hewan, bawang putih dapat meningkatkan fungsi seksual dengan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kesuburan, terutama pada pria.

Bawang putih juga dapat dengan mudah dinikmati sebagai bagian dari makanan bergizi dan lengkap untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan dan melindungi dari penyakit.

Meski begitu, efek bawang putih pada dorongan seks secara khusus masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Baca juga: 6 Posisi Seks Santai Tanpa Menguras Energi, Orgasme Jadi Lebih Rileks

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com