Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

33,1 Persen Penerbangan dari Bandara Jakarta Terlambat, Ranking 11 di Dunia

Kompas.com - 26/09/2023, 12:52 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 33,1 persen penerbangan mengalami keterlambatan dari bandara Jakarta sepanjang 2022 lalu.

Data dari perusahaan pelacak penerbangan dunia FlightAware ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penundaan penerbangan tertinggi ke-11 secara global.

Padahal, minat perjalanan internasional di Indonesia tumbuh cukup besar, hingga 280 persen di tahun 2022 setelah pandemi berakhir.

Penelusuran “paspor” dan “visa” di Google juga meningkat lebih dari 50 persen pada periode yang sama, menandakan peningkatan minat pada traveling luar negeri.

Baca juga: Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dibawa Dalam Pesawat ke Luar Negeri

Sementara itu, riset yang berbeda menjadikan penundaan penerbangan menjadi salah satu hal paling menyebalkan saat bepergian.

Jelas saja, waktu dan tenaga terbuang serta agenda perjalanan yang berantakan.

Belum lagi risiko tiket hangus jika kita harus melanjutkan penerbangan ke tujuan berbeda, seperti yang sering kita alami saat traveling ke luar negeri.

Baca juga: 5 Hal Paling Mengesalkan bagi Wisatawan Asia Saat Naik Pesawat

Menjawab kondisi ini, baru saja diluncurkan Oona Flight Delay Insurance, asuransi keterlambatan penerbangan yang yang berfokus untuk wisatawan Indonesia.

Dijual dengan harga Rp 35.000 untuk maksimal empat rangkaian penerbangan dan bisa dibeli lewat Website Chatbot, WhatsApp, dan Facebook Messenger.

Asuransi ini bisa dibeli hingga dua jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan, untuk keterlambatan mulai dari satu jam, kapan saja dan di mana saja.

Oona Flight Delay Insurance menawarkan voucher lounge instan dan bebas klaim yang akan dikirim ke ponsel kita dengan berbagai pilihan lounge di bandara internasional.

Dengan voucher tersebut, kita bisa memanfaatkan berbagai layanan lounge di bandara internasional saat mengalami keterlambatan penerbangan.

Baca juga: Sudah Tahu Bedanya Bar, Lounge, Pub, Diskotek, dan Club?

"Wisatawan Indonesia pada umumnya juga merupakan konsumen yang sudah sangat terhubung secara digital," terang Julien Pierre Combaret, Commercial and Operations Director, Oona Indonesia.

"Melalui produk ini, kami bertujuan untuk meringankan permasalahan keterlambatan perjalanan internasional yang mungkin dihadapi konsumen saat mereka bepergian ke luar negeri untuk berlibur atau perjalanan bisnis," tambahnya, dalam virtual launching, Rabu (20/09/2023).

Oona Flight Delay Insurance, asuransi keterlambatan penerbangan pertama di Indonesia.Oona Oona Flight Delay Insurance, asuransi keterlambatan penerbangan pertama di Indonesia.
Abhishek Bhatia, President Commissioner, Oona Indonesia mengklaim produknya menjadi satu-satunya yang pertama di Indonesia.

"Kami melihat peluang besar untuk melayani Indonesia seiring dengan kembali normalnya permintaan perjalanan internasional," tandasnya.

Baca juga: Penerbangan Dibatalkan, Pasangan Ini Terpaksa Nikah di dalam Pesawat

Meski demikian, Oona Flight Delay Insurance baru tersedia untuk penerbangan internasional saja dan belum merambah area domestik.

Abhishek mengatakan pengembangan akan dilakukan, menyesuaikan ketersediaan lounge bandara yang merupakan salah satu fitur layanan utama bagi pengguna asuransi Oona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com