Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memakai Batik untuk Wanita Modern agar Tampil Lebih Modis

Kompas.com - 02/10/2023, 08:01 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Batik, salah satu wastra kebanggaan Indonesia, telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Momen ini pun setiap tahunnya dirayakan masyarakat Indonesia sebagai Hari Batik Nasional agar dapat terus menumbuhkan kebanggan dan kecintaan terhadap batik.

Meski kerap dianggap kuno dan formal, batik kini telah bertransformasi menjadi pakaian yang bisa digunakan secara kasual dan lebih fashionable.

Tak hanya itu, batik juga dapat dipadupadankan dengan berbagai gaya favorit yang sesuai dengan karakter atau kepribadian masing-masing orang.

Nah, jika ingin mengetahui lebih banyak tentang inspirasi memakai batik untuk para wanita tampil lebih modis di momen spesial ini, Head of Category Development Tokopedia Aldhy Darmayo membagikan beberapa tips sebagai berikut.

Baca juga: 5 Motif Batik Khas Yogyakarta dan Maknanya 

1. Atasan batik kasual yang colorful berikan kesan playful
Atasan batik kasual bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis bawahan.

"Padukan atasan batik berwarna cerah dengan rok atau celana jeans. Bisa juga menggunakan sneaker sebagai pelengkap penampilan yang kasual dan playful," kata Aldhy.

Salah satu pelaku usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan pilihan
atasan batik dengan desain dan cutting yang modern adalah Part of Nona Rara.

"Part of Nona Rara sangat antusias berkreasi menciptakan produk- produk batik nusantara dengan kesan modern. Misi kami adalah memproduksi baju batik yang berkualitas dengan harga yang terjangkau," ungkap pendiri Part of Nona Rara, Pipiet Noorastuti.

2. Pakai outer batik untuk tampil lebih modis
Outer batik terus menjadi item fesyen favorit. Selain nyaman digunakan, outer batik mudah dijadikan layering yang bisa membuat penampilan makin menarik.

Koleksi batik etnik dari Oemah Etnik (kiri) dan scarf batik multifungsi dari Sejauh Mata Memandang (kanan).Tokopedia Koleksi batik etnik dari Oemah Etnik (kiri) dan scarf batik multifungsi dari Sejauh Mata Memandang (kanan).
"Untuk iklim tropis seperti Indonesia, pilih outer batik bermaterial katun yang mudah menyerap keringat sehingga dapat menciptakan rasa sejuk
dan nyaman," saran Aldhy.

“Animo masyarakat dalam berbelanja outer batik sangat tinggi. Data internal kami menunjukkan produk outer batik mengalami peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat," terangnya.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk outer batik yang modis dari brand lokal di Tokopedia, salah satunya Bhatarabatik.

Baca juga: Hari Batik 2 Oktober, Intip 10 Motif Batik Populer di Indonesia

3. Dress batik jadi penyelamat gaya kasual hingga formal
Bingung mau pakai baju apa? Dress batik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai kegiatan.

Salah satu merek batik yang bisa didapatkan di Tokopedia adalah Jayashree Batik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com