Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agenda Menarik Menyambut Hari Batik Nasional 2023

Kompas.com - 26/09/2023, 09:12 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyambut Hari Batik Nasional 2023 pada 2 Oktober mendatang, Museum Batik Indonesia punya beragam agenda menarik yang bisa diikuti masyarakat luas, khususnya menyasar generasi muda.

Perayaan Hari Batik Nasional 2023 dengan tema "Batik Bangkit" ini merupakan gagasan Yayasan Batik Indonesia (YBI) bersama Museum Batik Indonesia dalam upaya pelestarian budaya batik di Tanah Air.

Melalui agenda ini juga, industri batik di masa pandemi yang sempat terpuruk diharapkan bisa kembali bangkit dari semua aspek, baik produksi, perdagangan, inovasi hingga pengembangannya.

"Tahun ini, YBI memeringati Hari Batik Nasional dengan beragam edukasi kepada masyarakat mengenai keragaman batik yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke,"  kata Shanty Leksono, Ketua Panitia Hari Batik Nasional dalam konferensi pers di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Mengenal Wastra Lebih Dekat, Keindahan Budaya dan Seni Dalam Kain

Yayasan Batik Indonesia memiliki sejumlah agenda edukasi bagi generasi muda khususnya Gen Z tentang keragaman budaya batik yang memukau dari ujung Pulau Sumatera hingga ke tanah Papua.

Setidaknya akan ada 730 koleksi batik Nusantara yang terdiri dari beragam motif dan jenis kain yang dipamerkan di Museum Batik Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Kain batik itu nantinya juga akan dipamerkan secara bergilir setiap 3 hingga 6 bulan sekali lantaran ruang pameran yang terbatas hanya dapat menampung sekitar 100 koleksi.

"Kami juga berupaya untuk terus mengembangkan batik yang disukai generasi muda, dikemas dengan agenda menarik yang bisa diikuti anak muda dan segala usia," jelas Poppy Hayono Isman, Pembina Humas dan Promosi Yayasan Batik Indonesia.

Baca juga: Presiden Joko Widodo: Batik adalah Wajah dan Kehormatan Kita 

Rangkaian agenda menarik sambut Hari Batik Nasional 2023

Ilustrasi membuat kain batik tulis dengan canting. Pinterest.com Ilustrasi membuat kain batik tulis dengan canting.

Sejumlah agenda menarik yang bisa disaksikan dan diikuti bersama dalam upaya pelestarian batik di Hari Batik Nasional 2023 di Museum Batik Indonesia meliputi:

1. Pemecahan rekor Muri

Hari Batik Nasional 2023 akan dimeriahkan dengan agenda pemecahan rekor Muri dalam kategori membatik bersama seluruh sentra batik di Indonesia.

Dalam agenda ini, rencananya akan diikuti oleh sejumlah pengrajin batik yang telah dikurasi dan memiliki keahlian tinggi untuk membuat karya batik demi menghasilkan Artwork untuk IKN.

2. Lomba karya tulis batik

Dengan misi untuk mengedukasi, perayaan Hari Batik Nasional juga dimeriahkan dengan kompetisi karya tulis ilmiah tentang batik yang sudah digelar beberapa waktu lalu.

Perlombaan ini terbagi menjadi beberapa kategori, di antaranya untuk pelajar, mahasiswa dan umum yang hasilnya akan diumumkan pada puncak perayaan.

Baca juga: Memakai Batik Printing, Tidak Tahu atau Terpaksa? 

3. Edukasi batik untuk pelajar

Kemeriahan Hari Batik Nasional juga disemarakkan dengan pengenalan edukasi batik kepada para pelajar untuk mengeksplorasi Museum Batik Indonesia sekaligus membatik bersama para pembatik dari berbagai daerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com