Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Batik Nasional, IPMI Gelar Peragaan Busana "KAART JAGAT"

Kompas.com - 28/09/2023, 19:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) menggelar peragaan busana "KAART JAGAT", yang merupakan salah satu rangkaian acara Fashion Nation ke-17 di Senayan City, pada Selasa (26/9/2023).

KAART JAGAT sendiri mempunyai arti Peta Dunia dan bermakna sebagai kumpulan dari kayanya ragam motif batik di Indonesia.

"Selain bentuk penghargaan para desainer IPMI, KAART JAGAT IPMI Batik Fashion Show, merupakan interpretasi masing-masing desainer akan batik dengan menunjukkan karakter mereka, yang akan memperkaya batik sebagai warisan bangsa ini."

Demikian penuturan anggota IPMI dan ketua panitia GAYA Fashion Installation 2023, Sebastian Gunawan atau yang akrab disapa Seba, melalui rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/9/2023).

Dalam KAART JAGAT ini, ada 14 desainer IPMI yang menampilkan koleksi batik sesuai dengan DNA mereka.

Desainer tersebut adalah Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Didi Budiarjo, Era Soekamto, Eridani, Ghea Panggabean, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Sebastian Gunawan, Rama Dauhan dan Wilsen Willim.

Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) menggelar peragaan busana KAART JAGAT di acara Fashion Nation ke-17 Senayan City, pada Selasa (26/9/2023).Dokumentasi IPMI Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) menggelar peragaan busana KAART JAGAT di acara Fashion Nation ke-17 Senayan City, pada Selasa (26/9/2023).

Peragaan busana yang mengangkat keragaman batik di Indonesia ini juga sekaligus menyambut peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya.

"IPMI merupakan wadah bagi para desainer muda untuk menampilkan karyanya ke masyarakat luas," terang Sjamsidar Isa selaku ketua umum IPMI.

"Oleh karena itu, kami selalu mendukung kreativitas para anggota IPMI untuk mengekspresikan karakter mereka dalam sebuah karya berkualitas tinggi yang dapat diapresiasi masyarakat," tambahnya.

Selain peragaan busana, terdapat juga instalasi karya 18 desainer IPMI yang bertajuk GAYA Fashion Installation 2023.

Masing-masing desainer menunjukkan karakter dan DNA mereka yang khas dalam instalasi unik yang dipamerkan sedari 21 Septembet hingga 1 Oktober 2023, dan berkolaborasi bersama institusi yang ahli di bidangnya.

"GAYA Fashion Installation 2023 memberikan ruang bagi para anggota IPMI untuk memamerkan karya mereka dalam instalasi nan unik dan kreatif," ujar Seba.

"Tak ketinggalan rancangan busana bertema batik nusantara yang sangat khas dan berkelas ditampilkan dalam gelaran KAART JAGAT IPMI Batik Fashion Show. Harapannya kami dapat memberikan edukasi melalui karya seni kepada masyarakat luas," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com