Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Orangtua Bebaskan Anak Pilih Pakaian ala Kimmy Jayanti

Kompas.com - 02/10/2023, 16:00 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Supermodel Kimmy Jayanti punya gaya parenting unik yang dia terapkan pada kedua anaknya, Akira dan Dominic.

Meski sebagai model ia memiliki selera berpakaian yang bagus, tetapi Kimmy tak pernah memaksakan kedua buah hatinya untuk memakai baju apa. Kimmy justru membebaskan anak-anaknya.

Bahkan kebiasaan itu pun sudah dia lakukan sejak anak-anaknya berusia dua tahun.

"Akira misalnya dari umur 2 tahun pun sudah bisa memilih pakaian yang dia mau. Karena kita sebagai orangtua harus bisa melihat mood anak seperti apa," ujar Kimmy saat ditemui di September Soiree, A Collection of Childhood Delights by Gingersnaps di Senayan City, Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Gaya Parenting yang Bikin Anak Lebih Kuat dan Tangguh

Sebagai orangtua, Kimmy sadar betul kalau gaya parentingnya itu bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan si kecil.

"Selain jadi memahami benang merah dari style anak-anak, saya juga suka kalau anak-anak menjadi dirinya sendiri,"

"Asalkan mereka nyaman ya tidak masalah. Jadi saya ikuti mereka. Sebagai ibu, kita juga tidak bisa memaksa anak harus begini atau begitu, dan saya bukan tipe yang seperti itu," lanjut Kimmy.

Wanita berusia 31 tahun ini pun mengakui, ada sedikit tantangan jika membebaskan anak memilih pakaiannya, terutama jika harus pergi ke suatu acara yang sifatnya lebih formal.

Tapi, Kimmy punya trik khusus agar anak-anaknya bisa tampil menjadi dirinya sendiri tanpa perasaan terpaksa, yaitu dengan menanyakan pendapat pada anak.

Kimmy juga selalu menyiapkan dua pilihan baju atau sepatu dan membiarkan anak untuk memilih.

"Saya buat fun saja, biarkan mereka milih yang mana dan tidak harus di-push. Kalau pun tidak mood pakai yang itu, saya selalu bilang pakaian itu untuk acara saja, setelahnya kamu bisa ganti dengan baju yang kamu mau," ucapnya.

Baca juga: Simak, Berbagai Gaya Parenting yang Buat Anak Belanda Paling Bahagia 

Manfaat memberi kebebasan pada anak dalam memilih pakaian

Kimmy Jayanti dan anak-anaknya di sebuah acara fashion show, di Jakarta.KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Kimmy Jayanti dan anak-anaknya di sebuah acara fashion show, di Jakarta.

Dalam konteks parenting atau pola asuh, memberikan kebebasan pada anak untuk memilih pakaian bisa memberikan dampak positif pada perkembangan psikologis anak.

Melansir laman Familymatters, berikut beberapa manfaat ketika orangtua menerapkan gaya parenting yang dilakukan Kimmy Jayanti.

1. Meningkatkan harga diri anak

Saat belanja pakaian baru, orangtua cenderung memilih pakaian yang cocok dengan identitasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com