Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2023, 18:17 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Indeed

KOMPAS.com - Wawancara kerja adalah salah satu tahap kunci dalam proses pencarian pekerjaan. Selain memiliki kualifikasi yang sesuai, tampil percaya diri saat wawancara kerja juga sangat penting.

Meski rasa percaya diri hanya merupakan salah satu faktor keberhasilan wawancara, namun memiliki kepercayaan diri yang baik dapat meningkatkan kesempatan untuk berhasil dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Berikut tips untuk menunjukkan rasa percaya diri saat wawancara kerja.

Berpakaian dengan tepat

Pemilihan pakaian yang tepat saat wawancara kerja bisa meningkatkan kepercayaan diri. Penting untuk mengetahui aturan berpakaian perusahaan untuk menyesuaikan pakaian.

Kita dapat mencarinya di situs web perusahaan untuk panduan. Jika bingung, lebih baik berpakaian lebih formal agar aman.

Baca juga: 4 Hal yang Sebaiknya Tidak Diungkapkan dalam Wawancara Kerja

Postur dan gerak tubuh

Selama wawancara, cara kita duduk dan postur tubuh dapat menunjukkan seberapa kewaspadaan, keterlibatan, dan kepercayaan diri Anda saat wawancara.

Jika bisa, duduk dengan tangan terbuka di pangkuan pada awal wawancara untuk menunjukkan sikap yang ramah.

Gerakan tubuh tertentu, seperti gelisah, dapat menjadi tanda kegugupan atau terkait dengan disabilitas. Jika kita mampu mengendalikan gerakan-gerakan ini, disarankan untuk berlatih sebelum wawancara.

Sebagai contoh, jika kita cenderung suka mengetuk-ngetukkan jari atau mengacak-acak rambut, berlatihlah dengan meletakkan tangan di atas meja.

Jika kita sering menggoyangkan kaki saat merasa gugup, kita dapat mencoba meletakkan tangan di bagian paha untuk membantu mengurangi gerakan tersebut.

Berlatih teknik pernapasan

Jika kamu sering merasa cemas saat wawancara kerja, berlatih bernapas perlahan dan dalam bisa menjadi cara yang efektif untuk meredakan stres, meningkatkan fokus, dan mengklarifikasi pikiran.

Ketika stres, darah dalam tubuh cenderung mengalir dari otak menuju otot-otot lainnya. Ini dapat mengganggu fungsi kognitif kita,

Mengambil napas secara perlahan dan bernapas dalam-dalam, membantu meningkatkan aliran udara dalam tubuh dan membantu memulihkan fungsi mental.

Cara berlatih teknik pernapasan:

  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung.
  • Cobalah untuk menghirup udara sebanyak mungkin. Jika memungkinkan, kembangkan perut.
  • Buang napas secara perlahan melalui mulut.
  • Ulangi proses ini tiga kali dan fokuslah untuk memusatkan pikiran saat menghembuskan napas.

Persiapkan dan latih jawaban

Persiapan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan umum dalam wawancara dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kita bisa mencoba berlatih bersama teman atau anggota keluarga, atau bahkan menggunakan platform konferensi video untuk berlatih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com