Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Dapat Memenuhi Asupan Protein, Apa Saja?

Kompas.com - 05/10/2023, 09:59 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Protein adalah salah satu bagian penting yang mestinya terkandung dalam pola makan kita. Agar tidak membosankan, kita bisa memilih berbagai sumber protein untuk membantu menjadikan konsumsi protein lebih menyenangkan.

“Sumber protein utama adalah makanan yang mengandung sembilan asam amino esensial —-molekul yang membentuk protein dan bahan pembangun otot,” kata Kathleen Garcia-Benson, RDN, CSSD, LD, ahli nutrisi di National Academy of Sports Medicine. “Ini berbeda dengan sumber lain yang mungkin hanya mengandung beberapa asam amino esensial.”

Agar kebutuhan protein terpenuhi, ada dua jenis protein yang harus dikonsumsi yaitu protein yang berasal dari tumbuhan (nabati) dan protein yang berasal dari hewan (hewani) yang semuanya merupakan protein lengkap.

Kita disarankan membagi asupan protein dalam menu sepanjang hari, karena cara tersebut dikatakan merupakan trik paling sehat dalam mengonsumsi protein.

“Menambahkan protein pada setiap makanan memungkinkan pemanfaatan asam amino yang lebih baik dibandingkan dengan satu kali makan protein dalam jumlah banyak untuk sehari,” kata Benson.

Baca juga: 8 Makanan Sumber Protein Terbaik, Cocok Bagi yang Sedang Diet

Makanan sumber protein

Lalu apa makanan apa saja yang menjadi sumber protein? Berikut adalah beberapa sumber protein terbaik, yang dapat kita nikmati setiap hari dengan berbagai cara.

Daging ayam

ilustrasi daging ayam segar. SHUTTERSTOCK/Andrey Starostin ilustrasi daging ayam segar.
Siapa yang tidak suka daging ayam? Mungkin bisa dibilang hampir semua masyarakat di Indonesia menyukainya, mengingat laporan BPS pada tahun 2021 menyebutkan bahwa rata-rata konsumsi daging ayam di Indonesia mencapai 0,14 kilogram per kapita per minggu.

Itu menjadi hal yang bagus karena daging ayam adalah sumber protein hewani tanpa lemak yang sangat baik yang mengandung sekitar 38 gram protein per cangkirnya.

“Saya suka membumbui ayam lalu membakarnya, memanggangnya, atau menggorengnya. Bumbu yang tepat tidak hanya memberikan rasa yang dalam, tetapi juga melunakkan daging,” kata Benson.

Greek Yoghurt

Ilustrasi yogurt.Shutterstock/Sea Wave Ilustrasi yogurt.
Menyimpan satu wadah greek yoghurt di kulkas adalah salah satu cara untuk menikmati protein baik siang maupun malam.

Greek yoghurt adalah sumber protein serbaguna yang cocok untuk hidangan gurih dan manis. Agar lebih manis, bisa disajikan dengan sarapan dengan buah beri dan taburan granola, kacang-kacangan, atau biji-bijian. Yoghurt ini juga bisa berfungsi sebagai bahan dasar krim dalam smoothie.

Sebagai camilan, kita bisa membekukan greek yoghurt yang dicampur dengan buah dan coklat hitam untuk menghasilkan rasa yang lezat. Kemudian untuk rasa gurihnya, greek yoghurt sangatlah cocok digunakan sebagai bahan dasar saus, saus salad, dan marinade.

Porsi 150 gram greek yoghurt tanpa lemak biasanya mengandung sekitar 16 gram protein, bersama 15 persen dari asupan kalsium harian yang disarankan.

Baca juga: 15 Sumber Protein Terbaik

Kacang kacangan

Slah satu manfaat kacang adalah untuk mencegah penyakit jantung. Maksim Shutov Slah satu manfaat kacang adalah untuk mencegah penyakit jantung.
Berbagai jenis kacang yang dikeringkan maupun dikalengkan merupakan sumber protein nabati.

“Kaya nutrisi dan protein, kacang-kacangan menawarkan fleksibilitas dalam penggunaan kuliner,” kata Garcia-Benson.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com