Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Trigeminal Neuralgia, Nyeri Misterius pada Satu Sisi Wajah

Kompas.com - 06/10/2023, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Penyakit trigeminal neuralgia memiliki ciri khas berupa rasa nyeri hebat, sebagian pasien menyebut sakitnya tak tertahankan, pada satu bagian wajah. Sebagian besar penyebabnya masih misteri.

Nyeri tersebut bersumber pada gangguan di saraf trigeminus. Penyebabnya bisa karena tekanan pada pembuluh darah atau tumor yang menekan saraf ini, atau tidak diketahui pemicunya.

Selain tumor, tekanan pada saraf trigeminus juga bisa terjadi karena faktor pernah cedera di area wajah, stroke, penyakit herpes, hingga multiple sclerosis.

Penyakit ini termasuk langka. Berdasarkan data Neuro Surgical Atlas, prevalensinya di dunia sebesar 2,5 dari 100.000 orang untuk laki-laki dan 5,7 dari 100.000 orang untuk perempuan.

Tanggal 7 Oktober diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit Trigeminal Neuralgia.

Mengusung tema “Pelayanan Modern dan Terpadu Menyembuhkan Trigeminal Neuralgia”, RS Pusat Otak Nasional Prof.Dr.Mahar Mardjono, diadakan seminar awam untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan penyakit ini pada Jumat (6/10/2023).

Baca juga: Nyeri Hebat di Satu Sisi Muka, Waspadai Penyakit Saraf Trigeminal Neuralgia

Menurut dokter spesialis bedah saraf Mustaqim Prasetya, hingga saat ini penanganan trigeminal neuralgia masih menjadi tantangan karena rendahnya pengetahuan masyarakat dan tenaga medis.

"Kami merasa perlu membagikan infomrasi tentang penyakit ini, sekaligus mengedukasi masyarakat agar melakukan langkah yang tepat untuk terbebas dari nyeri di satu sisi wajah ini," katanya.

Ilustrasi pusing. Neuropati otonom terjadi ketika saraf yang mengontrol aktivitas bawah sadar manusia rusak, Pusing dan pingsan adalah salah satu gejalanya. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi pusing. Neuropati otonom terjadi ketika saraf yang mengontrol aktivitas bawah sadar manusia rusak, Pusing dan pingsan adalah salah satu gejalanya.

Penanganan trigeminal neuralgia

Serangan nyeri akibat trigeminal neuralgia bisa terjadi spontan saat penderita melakukan aktivitas harian yanga seharusnya tidak memicu nyeri, misalnya makan, mencuci muka, sikat gigi, bahkan karena terpapar angin.

Durasi nyeri bisa hitungan detik sampai menit. Akan tetapi, pada beberapa kasus nyeri dapat berlangsung hingga lebih dari 15 menit, bahkan dirasakan terus menerus.

Rasa sakit biasanya diawali dengan sensasi tersengat arus listrik yang berujung pada rasa sakit menusuk yang menyiksa dalam waktu kurang dari 20 detik.

Baca juga: 4 Gejala Stroke pada Pria, Deteksi dengan Metode FAST

Rasa sakit ini seringkali membuat penderitanya merasakan kedutan pada wajah yang tidak terkendali, itulah sebabnya penyakit ini juga dikenal sebagai ‘tic douloureux’.

“Tak jarang penderitanya datang berkonsultasi dengan dokter gigi, atau dokter spesialis THT dan dokter saraf, karena gejala yang muncul hampir mirip dengan masalah pada gigi (misalnya berlubang), infeksi pada rongga sinus (sinusitis) atau sakit kepala migrain,” dokter Mustaqim lebih lanjut.

Kasus trigeminal neuralgia kadang tidak terdiagnosis dengan tepat.  Penatalaksanaan juga terlewatkan begitu saja sehingga pasien tetap mengalami nyeri berulang.

Untuk menegakkan diagnosis, ada beberapa pemeriksaan penunjang yang akan dilakukan di RS PON Jakarta seperti MRI kepala khusus, dan panoramic X-ray.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com