Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

"Quarter Life Crisis" itu Nyata, Jangan Diremehkan

Kompas.com - 09/10/2023, 14:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Rizky Nauvalif

KOMPAS.com - Peralihan usia remaja ke dewasa merupakan masa-masa yang paling menakutkan. Pasalnya, ketika memasuki usia 20-an, manusia mulai dihadapkan oleh berbagai masalah kehidupan.

Kondisi tersebut kerap disebut sebagai quarter life crisis. Pada fase ini, biasanya seseorang merasa kehilangan arah hidup sehingga muncul perasaan khawatir terhadap berbagai hal.

Kukuh & Dwik pun ternyata pernah merasakan kondisi tersebut. Dalam siniar Balada +62 episode “Dwik Curhat ke Kukuh Karena Gak Dibolehin Stand Up Comedy” dengan tautan s.id/Balada62SUC Dwik mengaku quarter life crisis sempat membuat hidupnya kehilangan arah.

Menyelami Fase Quarter Life Crisis

Dilansir dari Bradley University, waktu terbaik dalam hidup manusia terjadi ketika memasuki usia 20 hingga awal 30-an.

Pada rentang usia ini, umumnya manusia sedang dalam keadaan sehat, memiliki tanggung jawab yang minimal, mampu mengeksplorasi peluang, serta mengambil peluang baik dalam kehidupannya.

Namun, usia muda justru akrab dengan banyak ketidakpastian yang terjadi dalam hidup. Ketidakpastian tersebut biasanya dapat menimbulkan kecemasan, sehingga mereka mempertanyakan tujuan, rencana, dan relasi yang dimiliki.

Mengutip Kompas.com, Psikolog Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Ratna Yunita Setiani memaparkan bahwa quarter life crisis merupakan pencarian jati diri, makna diri, serta bagaimana seseorang dalam melihat keberhasilan dirinya sendiri.

Fase ini membuat seseorang akan mengalami rasa takut dan khawatir terhadap masa depan, termasuk dalam hal karier, relasi, dan kehidupan sosial.

Baca juga: Nadhira Afifa: Kenali Diri Penting untuk Atasi Quarter-Life Crisis

Ratna juga menyampaikan bahwa quarter life crisis dapat dikaitkan dalam tahapan perkembangan seseorang.

Pada setiap perkembangan manusia, mereka akan memiliki tanggung jawab yang perlu dipegang. Namun terkadang, tanggung jawab tersebut menjadikan seseorang menjadi tertekan dan memicu stres.

Menghadapi Quarter Life Crisis

Melansir Kompas.id, quarter life crisis dapat dihadapi dengan bersikap baik pada diri sendiri. Artinya, jangan menyepelekan diri sendiri dan jangan menyimpan dendam atas kesalahan di masa lalu.

Seseorang perlu menerima kekurangan diri, mempelajarinya, dan memahami diri sendiri. Selain itu, seseorang juga perlu melakukan self-talk untuk mengidentifikasi cita-cita yang ingin diraih di masa depan.

Setelah itu, seseorang perlu menginvestasikan waktu untuk pengembangan diri dengan keterampilan yang memadai.

Lantas, bagaimana cara Kukuh & Dwik menghadapi quarter life crisis?

Dengarkan perbincangan lengkap Kukuh Adi dan Dwik seputar topik ini dalam siniar Balada+62 episode “Dwik Curhat ke Kukuh Karena Gak Dibolehin Stand Up Comedy” yang dapat diakses melalui tautan s.id/Balada62SUC.

Di sana, kita akan mendengarkan obrolan mengenai topik-topik yang ramai dibicarakan dengan perspektif baru, namun tetap menggunakan argumentasi yang logis.

Baca juga: Berdamai dengan Quarter Life Crisis

Tunggu apalagi? Yuk, subscribe YouTube Medio by KG Media serta Balada +62 di TipTip dan Noice

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com