Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2023, 05:35 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Banyak brand kelas atas yang pernah merancang dan membuat koleksi fashion dengan tema kosmik atau berhubungan dengan luar angkasa. Namun sejauh ini baru Prada yang akan menerbangkan produknya ke batas atmosfer.

Brand fashion asal Italia ini menjadi perusahaan yang mewujudkan gaya “kosmik” secara nyata melalui kerja samanya dengan Axiom Space -- perusahaan di balik stasiun luar angkasa komersial pertama di dunia dan pemasok pakaian astronot NASA.

Prada yang didirikan pada tahun 1913 meraih kepercayaan dari Axiom Space guna merancang pakaian antariksa untuk misi bulan Artemis III NASA pada 2025, yang akan menjadi misi pendaratan di bulan pertama setelah Apollo 17 pada Desember 1972.

Menariknya, misi yang direncanakan untuk tahun 2025 ini untuk pertama kalinya pula akan melibatkan seorang wanita.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Prada dalam pakaian antariksa Axiom Extravehicular Mobility Unit (AxEMU),” kata Michael Suffredini, CEO Axiom Space.

“Keahlian teknis Prada dalam hal bahan mentah/baku, teknik manufaktur, dan konsep desain inovatif akan menghadirkan teknologi canggih yang berperan penting dalam memastikan tidak hanya kenyamanan astronot di permukaan Bulan, tetapi juga pertimbangan faktor manusia yang tidak ada pada pakaian antariksa sebelumnya.”

Baca juga: A+P Luna Rossa 21, Sneaker Anti Air Kolaborasi Adidas x Prada

Suffredini juga menyebutkan bahwa meskipun alasan teknologi untuk berkolaborasi dengan perusahaan seperti Prada sulit dijelaskan, namun menurutnya mereka lebih dari sekedar perusahaan fashion.

Dilansir dari laman resmi Axiom Space, nantinya perancang dari Prada akan bekerja bersama tim sistem Axiom Space selama proses desain, mengembangkan solusi material dan fitur desain untuk melindungi dari tantangan unik ruang angkasa dan lingkungan Bulan.

Pakaian kolaboratif ini merupakan perluasan dari pakaian luar angkasa Exploration Extravehicular Mobility Unit (xEMU) yang digunakan oleh astronot NASA.

Pada kerjasama perencanaan pakaian astronot ini, Prada mengambil peran utama dalam pembentukan lapisan luar yang pada dasarnya merupakan lapisan ringan yang harus melindungi bagian dalamnya dari tantangan lingkungan seperti debu bulan, tanpa menghalangi mobilitas secara keseluruhan.

Direktur pemasaran Prada, Lorenzo Bertelli, merujuk pada pakaian tim kapal pesiar Luna Rossa -- dibentuk pada tahun 90an untuk memperebutkan Piala Amerika -- sebagai contoh pengetahuan mengenai bahan komposit perusahaan.

“Pakaian ini, menurut saya, adalah representasi sempurna dari sesuatu yang memerlukan pendekatan holistik,” kata Bertelli. “Kami memiliki banyak pengetahuan tentang cara mengemas kain untuk menciptakan mobilitas yang lebih baik.”

Dengan adanya kemitraan dengan Prada ini, Suffredini tidak menutup mata pada kemungkinan-kemungkinan baru yang melibatkan kerja sama dengan Prada. Dia sendiri mengatakan bahwa kemitraan dengan Prada dapat diperluas ke proyek lain seperti rencana stasiun luar angkasa komersial Axiom.

“Saya pikir akan ada banyak hal di mana Prada bisa membantu,” ucapnya.

Namun, untuk saat ini fokusnya adalah pada pakaian antariksa dan menjadikannya sebagai setelan fantastis tepat guna.

Pakaian tersebut sedang dikembangkan untuk NASA sebagai bagian dari program Exploration Extravehicular Activity Services di mana NASA akan membuat pakaian antariksa untuk misi Artemis dan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Suffredini sendiri mengatakan bahwa Axiom Space telah memberi tahu NASA tentang rencananya untuk bekerja sama dengan Prada dan agensi tersebut mendukungnya.

Baca juga: 7 Makanan yang Tak Disantap Astronot di Ruang Angkasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com