Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Parenting Mendidik Anak Laki-laki agar Menghargai Perempuan

Kompas.com - 16/10/2023, 18:12 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendidik anak laki-laki untuk bisa menghargai dan menghormati perempuan dapat dimulai sejak dini.

Setidaknya orangtua perlu memahami gaya parenting yang tepat agar anak laki-laki dapat tumbuh menjadi pribadi yang menghargai perempuan.

Anak laki-laki yang diajarkan bagaimana menghargai perempuan sejak dini dapat memiliki empati, komunikasi hingga cara berinteraksi yang baik pada perempuan di masa mendatang.

Dengan dukungan orangtua yang positif, anak laki-laki dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang menghargai perempuan serta mendukung hak-hak perempuan dalam kehidupan sosial.

Baca juga: Gaya Parenting yang Bikin Anak Lebih Kuat dan Tangguh 

Tips mendidik anak laki-laki agar menghargai perempuan

Melansir laman Times of India, berikut tips parenting mendidik anak laki-laki untuk bisa menghargai perempuan.

1. Mendukung hubungan yang sehat dengan anak perempuan

Orangtua dapat mengajarkan anak laki-lakinya untuk mengembangkan persahabatan yang positif dengan anak perempuan seperti dengan saudara kandung, sepupu atau teman di sekolahnya.

Ajarkan anak laki-laki bagaimana cara yang tepat memperlakukan teman perempuan dan menghindari bentuk stereotip apa pun tentang perempuan.

Cara paling mudah adalah mengajarkannya berinteraksi atau bermain bersama lawan jenis, kemudian tumbuhkan sikap menawarkan bantuan, hingga saling berbagi.

2. Memberikan contoh yang baik

Peran besar ini dapat diambil alih oleh ayah. Jika ayah tidak terlalu menghormati ibu ketika di rumah atau dalam kehidupan sehari-hari, anak laki-lakinya mungkin akan belajar hal yang sama atau menjadi lebih protektif pada ibu.

Penting bagi anak laki-laki untuk melihat dan merasakan langsung bagaimana peran ayah memimpin suatu keluarga, khususnya perilaku yang ditunjukkan dan dicontohkan ayah.

Dengan memberikan contoh secara langsung seperti bagaimana ayah berbicara pada ibu, mengatasi konflik keluarga dan mengajarkan nilai-nilai positif lainnya, secara langsung hal itu dapat membawa dampak positif bagi si kecil.

Baca juga: 2 Gaya Parenting yang Bikin Anak Jadi Narsistik, Orangtua Perlu Tahu 

Mengajarkan anak laki-laki menghargai perempuanTimes of India Mengajarkan anak laki-laki menghargai perempuan

3. Menghindari stereotip di lingkungan keluarga

Ayah dan ibu dapat mengambil alih tentang gaya parenting yang satu ini. Seperti menghindari segala bentuk stereotip tentang perempuan. Misalnya perkenalkan anak pada sosok atau tokoh perempuan yang bisa dijadikan panutan.

Atau memberi pemahaman anak laki-laki tentang tugas atau pekerjaan rumah yang seharusnya tidak merujuk pada tugas perempuan saja juga dapat membantu, seperti memasak atau mengajarkan anak laki-laki mengepang rambut adik perempuannya.

Cara ini dapat melatih anak untuk tidak "mengotak-ngotakan" bias stereotip yang mungkin memengaruhi interaksi dan perilakunya dalam kehidupan sosial. 

Gaya parenting yang satu ini juga dapat membentuk anak menjadi pribadi yang penuh perhatian pada lawan jenisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com