Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Istimewa di Peringatan 50 Tahun Baume & Mercier Riviera

Kompas.com - 20/10/2023, 11:51 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, arloji bukanlah sekedar penunjuk waktu, melainkan juga investasi, aksesoris, penunjang gaya dalam penampilan, hingga memperlihatkan status sosial.

Karenanya semakin banyak orang ingin tampil mengenakan arloji dari brand kelas atas yang berpenampilan mewah. Namun masalahnya, kebanyakan jam tangan mewah itu harganya juga wah, ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Meski begitu ada satu merek yang dianggap sebagai brand kelas atas, namun harganya terjangkau bagi mereka yang ingin memulai koleksi arloji: Baume & Mercier.

Didirikan pada tahun 1830 oleh William Baume & Paul Mercier di wilayah Jura Swiss, Baume & Mercier adalah pembuat jam dengan desain artistik yang menggabungkan klasisisme dengan kreativitas, tradisi dengan modernitas, dan keanggunan dengan karakter.

Salah satu koleksi yang paling populer dari brand ini adalah seri Riviera yang tahun ini meperingati 50 tahun debutnya.

Baume & Mercier Riviera dari masa ke masa Baume & Mercier Riviera dari masa ke masa
Riviera dirancang oleh Jean-Claude Gueit tahun 1973, dengan ciri khas bezel dodecagonal atau memiliki 12 sudut, disertai tali logam yang ramping.

Ketika hampir semua jam tangan mewah terbuat dari emas pada saat itu, Baume & Mercier memilih baja untuk bahan Riviera. Gayanya dirancang chic sekaligus sporty, sehingga Riviera bisa dikenakan di kota atau ke pantai, ke kantor atau di akhir pekan, di rumah atau saat bepergian.

Ketika Jean-Claude Gueit menciptakan Riviera, konsep ini benar-benar baru. Namanya yang mengingatkan kita pada olahraga air dan festival-festival di French Riviera menggambarkan bahwa arloji ini glamor sekaligus klasik.

Pada tahun 1975, konsep ini diperluas sehingga Riviera tersedia dalam jenis mesin jam mekanik otomatis serta model kuarsa, dengan ukuran kecil, sedang, dan besar, menggunakan bahan stainless steel, emas, maupun campuran keduanya.

Kini Riviera telah berkembang menjadi beberapa versi, termasuk seri yang memiliki tiga jarum penunjuk, seri diving atau selam, kronograf, moonphase atau fase bulan, hingga GMT.

Ukurannya pun makin beragam, dari diameter 33 mm hingga 43 mm agar bisa beradaptasi dengan setiap gaya pemakainya tanpa meninggalkan ciri khasnya.

Baume & Mercier Baumatic Riviera Perpetual Calendar Baume & Mercier Baumatic Riviera Perpetual Calendar
Nah, khusus untuk ulang tahun ke 50, Baume & Mercier meluncurkan komplikasi baru untuk Riviera, yakni Kalender Abadi alias Perpetual Calendar – untuk pertama kalinya sebagai bagian dari koleksi Riviera.

Baume & Mercier Baumatic Riviera Perpetual Calendar Baume & Mercier Baumatic Riviera Perpetual Calendar
Edisi terbatas yang hanya dibuat 50 buah ini berukuran 40 mm tebal 11,8 mm, dengan bahan stainless steel dan dilengkapi mesin yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam pembuatan jam tangan.

Riviera Perpetual Calendar dilengkapi dengan mesin jam Baumatic dengan modul Dubois-Dépraz yang memiliki cadangan daya lima hari.

Kristal safir anti goresnya memiliki lapisan anti-silau di kedua sisinya, sedangkan bezelnya dipoles dengan arah serat seperti pancaran cahaya Matahari. Setiap arloji juga memiliki ukiran nomor khusus “Edisi Terbatas”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com