Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti 7 Kebiasaan Orang Sukses Ini Jika Ingin Kaya

Kompas.com - 22/10/2023, 10:23 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mungkin kita semua sudah tahu bahwa tidak ada yang gratis di dunia ini. Kita harus berusaha dan bekerja keras untuk menjadi sukses. Tapi berapa banyak dari kita yang benar-benar mampu mencapai kesuksesan? Tidak banyak!

Salah satu alasannya adalah banyak orang tidak memperhatikan kebiasaan kecil yang bisa membuka jalan menuju kesuksesan. Pasalnya, kisah sukses tidak selalu tentang membuat keputusan besar atau pencapaian yang luar biasa, melainkan juga tentang mengambil langkah kecil yang membuat perbedaan.

Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook hingga pembawa acara Oprah Winfrey, memiliki beberapa karakteristik yang membedakan mereka dari orang lain.

Bagi para jutawan ini, rahasia kesuksesan terletak pada kebiasaan dan ritual sehari-hari mereka yang di antaranya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk dilakukan. Menanamkan ‘kebiasaan kaya’ dari orang-orang sukses dan jutawan mungkin terlihat mudah, namun benarkah demikian?

Randall Bell, seorang sosio-ekonomis, menghabiskan 25 tahun mempelajari lebih dari 5.000 orang dari berbagai latar belakang, termasuk pelajar, pensiunan, serta miliarder, dan menuangkan tujuh kebiasaan ataupun praktik utama para jutawan yang dia temukan dalam bukunya, “Me We Do Be: The Four Cornerstones of Success”.

Baca juga: Ini Rahasia Sukses Orang-orang yang Optimis

Kebiasaan yang dikenal sebagai “kebiasaan kaya” mencakup praktik sederhana sehari-hari seperti menulis nota terima kasih dan makan bersama sebagai satu keluarga. Buku ini menekankan bagaimana kebiasaan kecil ini dapat berdampak signifikan terhadap kesuksesan secara keseluruhan.

Apa saja kebiasaan tersebut?

Tujuh kebiasaan orang sukses

1. Merapikan tempat tidur

Menyelesaikan tugas pertama dalam hari akan memberi kita rasa bangga bahwa telah menyelesaikan satu tugas, dan akan menjadi dorongan untuk melakukan tugas lain. Dr Bell berbagi bagaimana mereka yang merapikan tempat tidur di pagi hari memiliki kemungkinan 206,8 persen lebih besar untuk menjadi jutawan.

Menurutnya, merapikan tempat tidur menciptakan pola pikir positif sejak awal, menetapkan niat untuk melakukan tugas-tugas kecil sepanjang hari dan pada akhirnya menghasilkan hari yang produktif secara keseluruhan.

Bahkan penulis pemenang Hadiah Pulitzer, Charles Duhigg, memuji perilaku ini dalam bukunya, “The Power of Habit”. Dia menyebutkan bahwa ‘kebiasaan utama’ ini berkaitan dengan peningkatan produktivitas, rasa keberhasilan yang lebih tinggi, dan kemampuan pengaturan yang lebih baik.

2. Olahraga

Berolahraga dan aktif secara fisik dapat merangsang pikiran, tubuh, dan jiwa. Ini membuat kita lebih efisien dan siap menjalani hari. Bell mengungkapkan, “mereka yang berolahraga, bahkan selama 15 menit sehari, secara statistik lebih unggul dalam setiap ukuran keberhasilan.”

Orang-orang sukses terkenal sebagai orang yang suka bangun pagi dan melakukan olahraga sebelum hari kerja mereka dimulai. Hal itu terbukti dari CEO Apple, Tim Cook, yang bangun pukul 03.45 setiap pagi untuk berolahraga atau miliarder, Richard Branson, yang berolahraga pada pukul 5 pagi.

Baca juga: 4 Kebiasaan Orang Kaya yang Harus Kamu Tiru

Ilustrasi membaca bukualtrendo images Ilustrasi membaca buku

3. Membaca

Bell mengungkapkan bahwa membaca sangat berkorelasi dengan pendidikan tinggi dan pendapatan, serta kebahagiaan secara keseluruhan. Dia menambahkan, “Mereka yang membaca tujuh buku atau lebih per tahun memiliki kemungkinan 122 persen lebih besar untuk menjadi kaya dibandingkan mereka yang tidak pernah membaca atau hanya membaca satu hingga tiga buku."

Warren Buffet, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Oprah Winfrey, Elon Musk dan Charlie Munger hanyalah beberapa dari sekian banyak miliarder terkenal yang rajin membaca.

4. Bangun pagi

Orang-orang sukses juga adalah orang-orang yang bangun pagi dan memulai hari mereka jauh sebelum orang kebanyakan. Dalam penelitian selama lima tahun terhadap 177 jutawan, penulis bernama Thomas Corley menemukan bahwa hampir 50% dari orang-orang tersebut bangun tiga jam sebelum memulai hari mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com