Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2023, 19:00 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hubungan dalam pernikahan seringkali diuji oleh berbagai faktor, termasuk kesibukan sehari-hari, stres, kelelahan mengurus rumah tangga, dan tantangan lainnya.

Kesibukan di kantor dan jarak yang jauh antara rumah dan lokasi kerja juga seringkali membuat kita mengabaikan pentingnya menjaga hubungan intim tersebut.

Sebenarnya kita biasa menyiasatinya dengan membuat jadwal khusus untuk hubungan seks.

Meskipun hal ini mungkin terdengar tidak romantis pada awalnya, penting untuk memahami bahwa dengan jadwal khusus itu kita bisa memperkuat ikatan antara suami dan istri.

Menurut dr. Kelly Casperson, seorang ahli urologi bersertifikat, meskipun mungkin terdengar membosankan, merencanakan hubungan intim sebenarnya bisa menjadi hal yang menarik.

Casperson mengilustrasikan bagaimana merencanakan momen tersebut bisa meminimalisir tekanan dan membangkitkan antusiasme.

Baca juga: Tips dari Ahli untuk Memulai Hubungan Seks dengan Pasangan

Hal ini tidak hanya berlaku untuk pasangan muda, tapi juga bagi mereka yang telah mengarungi rumah tangga sejak lama.

“Jika kamu menetapkan jadwal dan bilang, 'Hei, hari Minggu, jam 2 siang, mari kita lakukan' maka kamu akan merasa ada waktu istimewa yang disiapkan," ungkap Casperson.

Banyak pasangan dewasa berjuang untuk menemukan waktu bersama karena tuntutan pekerjaan atau mengurus anak. Merencanakan waktu khusus untuk hubungan intim bisa membantu mengatasi hambatan tersebut.

Casperson mengibaratkan strategi ini seperti merencanakan latihan penurunan berat badan; dengan membuat jadwal dan memprioritaskan waktu, kemungkinan untuk melakukannya akan meningkat.

Dr. Rena Malik, seorang dokter dan pendidik seks menambahkan bahwa pendekatan ini juga bisa sangat menarik bagi pasangan wanita, terutama karena keinginan spontan tidak selalu ada setiap saat, dan seringkali membutuhkan usaha.

Selain itu, menurut psikolog Kia-Rai Prewitt, rutin melakukan hubungan seks dengan pasangan dapat meningkatkan harga diri, kepercayaan diri, dan kemampuan untuk merasa bahagia. 

Agar momen itu lebih istimewa, siapkan diri dengan memakai parfum, lingerie, atau hal-hal unik lain sehingga suami dan istri sama-sama selalu tak sabar menantikannya.

Baca juga: Benarkah Seks Bikin Tidur Lebih Nyenyak? Simak Penjelasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com