Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sepatu Olahraga Kita Memiliki Lubang Ekstra?

Kompas.com - 01/11/2023, 09:35 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernah memperhatikan lubang tali sepatu tambahan pada sneaker atau sepatu lari Anda? Itu bukanlah sebuah error dalam proses pengerjaan maupun hiasan semata melainkan memiliki sebuah fungsi khusus.

Kecerdasan manusia dalam perancangan sepatu mempertimbangkan perlunya lubang ekstra pada sepatu. Lubang itu biasanya berada sedikit miring dibanding lubang lainnya dan berada di posisi paling atas pada sepatu.

Menurut backpacker dan petualang alam terbuka Dan Becker, lubang itu ternyata berfungsi untuk menghindari lecet. “Ini untuk mencegah lecet terutama di bagian belakang tumit,” kata Becker dalam video TikTok-nya.

Dalam suasana santai, kebanyakan orang tidak menggunakan lubang itu karena ingin merasa sepatunya lebih longgar sehingga kaki merasa nyaman.

Namun saat berlari atau melakukan olahraga lain yang membuat gesekan pada kaki, kita perlu menggunakan lubang tersebut sebagai perpanjangan tali sepatu, guna menghindari gesekan pada tumit. Itulah sebabnya ikatan ini disebut heel lock atau kunci tumit karena ia akan mengunci tumit pada tempatnya.

Untuk membuat kunci tumit, cukup dorong salah satu ujung tali sepatu ke dalam lubang tali sepatu tambahan di sisi yang sama. Jadi jika ujung tali sepatu berada di sisi kanan, masukkan ke lubang ekstra di sisi kanan.

Lakukan hal yang sama di sisi lain. Kemudian tarik dan ikat tali seperti biasa. Ikatan ini akan mengunci sepatu di sekitar tumit dan menghentikannya bergerak-gerak di bagian belakang sepatu sehingga mengurangi gesekan serta lecet.

“Gesekan adalah penyebab utama lecet, Dan ketika Anda dapat menopang kaki dengan menangkup tumit dan menahan kaki depan pada tempatnya dengan cara ini, Anda dapat mencegah gesekannya,” jelas ahli bedah kaki Brad Schaeffer, DPM, yang berpraktik di Sole Podiatry NYC.

Baca juga: Tips Pakai Sepatu Baru Tanpa Sakit dan Lecet

Nike React Escape Run, sepatu lari wanita dari NikeNike Nike React Escape Run, sepatu lari wanita dari Nike
Penggunaan lubang tali sepatu ekstra seperti ini juga dapat membantu mencegah pergelangan kaki terkilir yang sering kali disebabkan oleh ukuran sepatu tidak pas.

“Heel lock sangat bagus untuk aktivitas high impact seperti lari dan hiking, serta aktivitas yang melibatkan gerakan lateral seperti pickball dan bola basket,” jelas Zachery Barnett, DPM, ahli bedah kaki yang berbasis di St. Petersburg, Florida.

Dr. Barnett merekomendasikan bahwa satu-satunya waktu untuk tidak menggunakan lubang tali sepatu ekstra adalah ketika sepatu sudah terpasang dengan ketat.

“Jika sepatu berukuran pas dan Anda masih menggunakan kunci tumit, hal ini dapat memberikan tekanan terlalu banyak dan menyebabkan sakit. Namun situasi tersebut dapat dihindari dengan mengukur kaki sebelum membeli sepatu baru," ujarnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Luka Lecet Mengganggu pada Kaki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com