Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Bahagia dan Berdaya

Kompas.com - 02/11/2023, 07:36 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Menjalani berbagai peran seperti seorang ibu bukan hal yang mudah. Namun, menjadi ibu yang puas dan bahagia bukan sesuatu yang mustahil.

Ibu yang bahagia akan menjalankan fungsi pengasuhan anak dan keluarga secara lebih berkualitas.

Untuk mencapai rasa puas dan bahagia, seorang ibu juga perlu mengurus dirinya sendiri, menjalani hobi atau memiliki me-time.

"Menjadi ibu memang tidak ada job desk-nya, tapi to do listnya banyak sekali. Tetapi ibu tidak harus sempurna pada semua peran yang dimilikinya," kata psikolog Intan Erlita dalam acara peluncuran program SERASI di Jakarta (1/11/2023).

Tidak seperti wanita karir yang mungkin bisa mendapatkan promosi sebagai bentuk apresiasi dari hasil kerja kerasnya, tugas seorang ibu sering kurang diperhatikan.

Baca juga: Menyakitkan, 7 Ucapan yang Sebaiknya Dihindari pada Ibu Hamil

Intan menambahkan, selama ini ada mitos yang menyebut perempuan yang sudah menikah akan hilang kebebasannya dan tidak bisa lagi melakukan aktivitas yang menyenangkan.

"Padahal intinya kan tetang membagi waktu. Walau sibuk mengurus keluarga tapi menjalani hobi dan me time tetap bisa dilakukan," ujar pendiri Titik Putih, lembaga pelatihan psikologi dan pemberdayaan wanita ini.

Untuk mendorong lebih banyak ibu yang lebih berdaya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan bersama Teh Cap Botol meluncurkan program SERASI untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan.

Direktur Marketing PT.Gunung Slamat yang mewakili Teh Cap Botol, Yolanda Effendi, mengatakan, program ini ingin memberi raung dan fokus lebih bagi para ibu untuk bisa mengapresiasi, menghargai, dan merawat dirinya sendiri di tengah kesibukan dan rutinitas.

"Program SERASI ini lahir dari kerinduan kami untuk bersama-sama mengapresiasi sosok Ibu yang senantiasa menciptakan, menginspirasi, dan mewariskan nilai-nilai kebajikan bagi anak-anak, keluarga, dan juga bagi lingkungan sekitarnya,” katanya.

Baca juga: Kelelahan Jalani Peran Ibu adalah Hal yang Nyata

Dalam program ini Pengurus PKK di Jakarta Selatan akan mengajak ibu-ibu di wilayahnya untuk mengikuti edukasi pemberdayaan diri, termasuk memperhatikan kesehatan fisik dan mentalnya. Acara puncak dari kegiatan ini akan dilakukan dalam perayaan Hari Ibu 2023.

"Semoga aksi nyata dari sosok-sosok ibu inspiratif ini bisa menjadi inspirasi bagi ibu lain yang sudang butuh dukungan," kata Yolanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com