Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Niat Healing Malah Pening? Waspada "Post Holiday Blues"

Kompas.com - 03/11/2023, 13:52 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Post holiday blues adalah istilah yang menggambarkan munculnya perasaan tidak menyenangkan setelah masa liburan selesai. Kondisi ini bisa memunculkan perasaan tidak semangat sehingga tak fokus melakukan kegiatan seperti biasa.

Kondisi ini memiliki gejala sama dengan gangguan kecemasan seperti insomnia, energi rendah, mudah tersinggung, kesulitan berkonsentrasi, dan kecemasan. Namun, tekanan ini hanya bersifat jangka pendek.

Dengarkan informasi lengkap mengenai Post Holiday Blues dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Usai Healing Malah Pening? Kenali Post Holiday Blues!”, dengan tautan akses s.id/AnJiwHoliday.

Penyebab ‘Post Holiday Blues

Melansir artikel Institut Teknologi Sepuluh Nopember, post holiday blues merupakan gejala psikologis berupa suasana hati yang dipenuhi kesedihan dan kesepian setelah menjalani liburan.

Kondisi ini bukan merupakan hal yang wajar dialami seseorang. Ada dua hal utama yang dapat menyebabkan post holiday blues, pertama adalah ketika seseorang menjadikan liburan sebagai media untuk menghindar dari tanggung jawab yang harus dihadapinya.

Baca juga: Fenomena Gunakan Barang Mewah, Kebutuhan atau Gengsi?

Alasan kedua adalah apabila orang tersebut mengalami peristiwa tidak menyenangkan saat berlibur. Misal, kehabisan uang, menghadapi kehilangan, hingga perubahan gaya hidup.

Cara Mengatasi ‘Post Holiday Blues

Melansir PsychCentral, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi post holiday blues.

1. Coba Memprioritaskan Diri

Menjadikan diri sendiri sebagai prioritas utama dapat memberikan kesehatan secara fisik dan mental sehingga berdampak baik.

Dengan memprioritaskan diri sendiri, seseorang bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, konsumsi makanan bergizi, minum air yang cukup, dan melakukan aktivitas fisik.

2. Tetapkan Rutinitas Tiap Hari

Menetapkan rutinitas berguna agar kegiatan terjadwal atau terorganisasi secara baik. Hal ini berdampak baik terhadap pikiran agar tak bingung mengerjakan hal yang perlu dilakukan.

3. Menetapkan Anggaran

Menetapkan anggaran harian maksimal dapat dilakukan untuk mencegah pengeluaran yang semakin boros.

Sehingga seseorang bisa bertahan hidup setidaknya sampai gajian selanjutnya, dan bisa menabung untuk mempersiapkan kebutuhan yang tiba-tiba muncul.

4. Percaya Kesedihan akan Berlalu

Keyakinan ini memberikan dampak baik untuk kembali bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari.

Seseorang bisa mulai melakukan aktivitas dengan intensitas yang ringan terlebih dahulu hingga kemudian menambah beban aktivitas yang dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Teori Empat Tungku, Hidup Bagikan Kompor Gas

Post holiday blues dapat dialami siapa saja dan bisa bertambah buruk pada beberapa orang. Oleh karena itu, kalian dapat melakukan beberapa cara di atas agar kondisi segera membaik.

Dengarkan informasi lengkap seputar post holiday blues dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Usai Healing Malah Pening? Kenali Post Holiday Blues!” di Spotify dengan tautan akses s.id/AnJiwHoliday.

Di sana, kamu bisa menemukan berbagai informasi menarik seputar kesehatan mental yang bermanfaat untuk kehidupan personal, sosial, dan asmara.

Akses juga playlist-nya di YouTube Medio by KG Media agar kamu tak tertinggal episode terbarunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com