Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabanne H&M Bawa Gaya Busana '60-an yang Berkilauan, Cocok untuk Pesta

Kompas.com - 09/11/2023, 20:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sukses berkolaborasi dengan Mugler di pertengahan tahun 2023, merek fesyen H&M kembali menggandeng rumah mode mewah untuk koleksi terbaru jelang akhir tahun.

Bersama Rabanne, H&M kali ini membawa koleksi kreasi ikonik tahun 1960-an dari mendiang pendiri rumah mode tersebut, Paco Rabanne, yang dihidupkan kembali sejak tahun 2013 oleh direktur kreatif Julien Dossena.

Koleksi Rabanne H&M juga menghadirkan gaya revolusioner yang ditujukan untuk lantai dansa ke dimensi baru, memadukan chainmail ikonik dan payet berkilauan dengan pakaian olahraga yang santai dan penjahitan yang rapi.

"Kalau dilihat dari temanya sih ini mengambil disco era. Dan karena ini adalah fall attire, makanya ada beberapa piece yang dibuat dari wool, ada juga jaket untuk wanita."

"Sedangkan untuk pria kami juga ada fall leather, fall fur."

Demikian penuturan Manajer Komunikasi H&M Indonesia, Karina Soegarda, saat media preview di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Salah satu koleksi ramah lingkungan Rabanne H&M yang ditampilkan saat media preview di Jakarta, Selasa (7/11/2023).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Salah satu koleksi ramah lingkungan Rabanne H&M yang ditampilkan saat media preview di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Menurut Karina, dari segi desain semua diserahkan pada Rabanne, sementara untuk bahan-bahan yang digunakan itu diambil dari material yang biasa dipakai oleh H&M.

"Bahan-bahannya memang yang sering digunakan H&M, sehingga harganya pun tetap terjangkau dan dapat diakses lebih banyak orang lagi," ungkapnya.

"Tidak hanya itu, dengan menggunakan bahan-bahan dari H&M, koleksi ini juga mengedepankan produk yang lebih ramah lingkungan."

"Salah satunya ada tas tangan berhiaskan payet yang terbuat dari PET daur ulang," jelas Karina.

Kolaborasi Rabanne H&M membawa koleksi kreasi ikonik tahun 1960-an dengan gaya busana berkilauan.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Kolaborasi Rabanne H&M membawa koleksi kreasi ikonik tahun 1960-an dengan gaya busana berkilauan.
Cocok untuk outfit pesta

Kurang lebih 89 set rancangan dihadirkan dalam koleksi Rabanne H&M, yang sebagian besar bergaya retro dan cocok untuk dijadikan sebagai outfit ke pesta.

"Karena lumayan banyak desain berkilauan, koleksi ini memang sangat pas dikenakan saat pesta. Apalagi, sebentar lagi kita sudah mau merayakan Natal dan Tahun Baru," ujar Karina.

Ada pun key pieces untuk wanita termasuk pakaian two-piece jaring metalik yang terinspirasi dari koleksi dahulu dan gaun mirrored paillette, di samping gaun sifon berhiaskan berlian imitasi romantis dan gaun jersey bermotif macan tutul (leopard).

Untuk koleksi pria, terdapat setelan jas berwarna perak dan rompi jaring metalik, di samping pakaian santai yang mewah.

Di koleksi aksesori, ada sentuhan kontemporer pada paillette ikonik Rabanne dan tas jaring metalik, bersama dengan sepatu boots dan sandal pool-slides berpayet.

Untuk pertama kalinya bagi H&M dan Rabanne, potongan jaring metalik ikonik dari Rabanne menampilkan logam daur ulang dan konvensional, yang merupakan hasil pengembangan selama berbulan-bulan.

Produk-produk tersebut juga menampilkan hiasan payet PET daur ulang dan berlian imitasi kaca daur ulang.

Di Indonesia sendiri, koleksi ini akan tersedia di H&M Grand Indonesia dan website resmi H&M pada tanggal 9 November 2023 mulai pukul 8:00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com