Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2023, 19:27 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Medium,BFI

KOMPAS.com - Kehidupan modern seringkali memaksa kita untuk terus bergerak maju, tanpa memberi cukup waktu untuk merenung dan memahami diri sendiri.

Seringkali kita dipaksa untuk tampil kuat dan tidak boleh menunjukkan kelemahan kita. Kita selalu didorong untuk mengesampingkan perasaan dan melanjutkan hidup.

Padahal, sebagai seorang manusia kita bisa mengalami situasi yang membuat rapuh. Apa yang sering dianggap sebagai kekuatan, sebenarnya hanyalah upaya untuk menghindari kenyataan tentang diri kita dan kebutuhan yang sebenarnya.

Di dalam diri kita, ada keinginan untuk memiliki ruang aman di mana kita bisa menjadi diri sendiri tanpa takut dihakimi atau diejek. Kita menginginkan tempat di mana kita bisa berbicara tanpa ada kepalsuan, hanya ada diri kita dan pemikiran kita.

Baca juga: Meditasi untuk Alat Self Healing bagi Pikiran

Self healing

Istilah self healing berasal dari dua kata yaitu self dan healing. Healing artinya penyembuhan, sedangkan self artinya diri sendiri. Jadi, istilah self-healing artinya menyembuhkan diri sendiri. Self healing di sini bisa mencakup ranah yang sangat luas.

Mulai dari menyembuhkan jiwa, menyembuhkan luka batin, hingga pikiran. Singkatnya, penyembuhan diri berarti menyembuhkan luka batin yang mempengaruhi keadaan emosi atau kesehatan mental seseorang.

Adanya luka batin ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Misalnya saja perasaan traumatis yang muncul akibat perlakuan yang tidak tepat atau kegagalan di masa lalu.

Pada dasarnya setiap luka dalam mempunyai rentang waktu yang berbeda-beda. Namun pada umumnya luka batin yang ada pada diri seseorang bisa bertahan lama.

Luka batin yang terus dibiarkan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan mental kita. Misalnya, kita menjadi rentan terhadap gangguan kecemasan, stres, depresi, dan bahkan risiko melukai diri sendiri yang mengarah pada upaya bunuh diri dini.

Manfaat self healing

Melakukan self healing mempunyai banyak manfaat untuk penyembuhan diri sendiri, terutama pada luka batin yang dimiliki. Manfaat yang akan anda dapatkan jika melakukan self healing antara lain:

  • Membantu dalam mengobati luka masa lalu
  • Salah satu proses penerimaan masa lalu dan masa kini
  • Efektif menghilangkan kecemasan dan stres
  • Potensi untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan diri
  • Salah satu cara yang bisa membuat kita lebih produktif dan bersemangat lagi

Baca juga: Tanda-tanda Kamu Perlu Self Healing

Lalu bagaimana cara memulainya?

Mengakui kelemahan adalah langkah awal untuk penyembuhan diri. Ini adalah saat kita meletakkan dasar-dasar dari versi terbaik diri kita, tanpa perlu mencari pengakuan dari dunia dengan pura-pura kuat.

Bagi mereka yang terbiasa terlihat kuat, menerima kelemahan mungkin tampak seperti langkah stagnan atau bahkan mundur. Tetapi sebenarnya, ini adalah langkah yang diperlukan.

Mengakui kehancuran berarti kita harus memperbaiki diri. Meskipun terkadang itu terasa seperti menghentikan kemajuan, namun itulah yang kita butuhkan.

Kehidupan modern mendorong kita untuk terus bergerak tanpa memberi kita cukup waktu untuk merenung dan memahami diri sendiri.

Apakah mengherankan jika kita sering merasa mati rasa dan terputus dari diri kita?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com