Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikan Donasi ke Palestina, The Body Shop Klaim Sudah Putus dengan Brand Induk Sebelumnya

Kompas.com - 18/11/2023, 10:17 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengambil sebuah langkah untuk menunjukkan komitmennya terhadap isu kemanusiaan, The Body Shop meluncurkan inisiatif untuk mendukung Palestina, khususnya Gaza, yang saat ini mengalami krisis akibat serangan militer Israel.

Merek skincare ini menyumbangkan dana melalui platform WeCare.id, dalam gerakan bertema “Bersatu untuk Kemanusiaan: Kolaborasi Multi Sektor Mengatasi Krisis di Palestina”.

Dukungan The Body Shop untuk Palestina

Di tengah tantangan yang terus berlanjut yang dihadapi oleh rakyat Palestina, The Body Shop mengambil sikap proaktif untuk memberikan bantuan.

Keputusan untuk menyumbangkan 1 miliar rupiah ini seolah menegaskan di mana brand tersebut berdiri, sekaligus menunjukkan dedikasi perusahaan terhadap kemanusiaan.

“Peace (kedamaian) itu hal yang semua inginkan, jadi kita harus bergerak ke situ dan mendorong untuk terjadinya hal itu. Kita bergerak dari kebenaran maka dari itu kita berupaya membantu Palestina dengan donasi ini,” ucap Suzy Hutomo, CEO The Body Shop Indonesia di sesi diskusi bertempat di Pippo Italian, Senayan City, pada Kamis (16/11/2023).

The Body Shop juga mendorong masyarakat untuk memberikan dukungan kemanusiaan kepada Palestina melalui cara mereka sendiri.

“Kita punya peran berbeda dan mungkin kita semua tidak bisa melakukan hal yang persis sama satu dengan yang lain. Jadi kami mendorong masyarakat untuk bergerak dengan kapasitas masing-masing,” tambahnya.

WeCare.id sendiri yang merupakan sebuah platform crowdfunding berbasis medis, dipilih sebagai saluran untuk sumbangan The Body Shop terhadap Palestina. Kolaborasi ini memastikan dana akan diarahkan dengan efisien untuk mengatasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh penduduk Palestina.

Gigih Septianto selaku Co-Founder & Executive Director WeCare.id menyampaikan, “Kami sangat berterima kasih kepada The Body Shop Indonesia yang telah mempercayai kami sebagai mitra dalam menyalurkan bantuan ke Palestina. Kami akan memastikan donasi ini sampai ke tangan yang membutuhkan dengan cepat dan tepat.”

Pernyataan sekaligus janji tersebut diupayakan oleh WeCare.id lewat koordinasi yang dilakukan dengan berbagai lembaga dan institusi terkait seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Mer-C, dan juga Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.

Tidak adanya kaitan The Body Shop dengan brand sebelumnya

Meskipun The Body Shop Indonesia merupakan yang pertama dalam menyuarakan secara terbuka dukungan terhadap Palestina, namun The Body Shop seluruh dunia pun ikut bergerak dalam mendukung daerah tersebut.

Dalam upaya The Body Shop menggerakkan masyarakat agar ikut memberikan dukungan kemanusiaan terhadap Palestina, brand ini merasa penting untuk menjelaskan keterkaitan sejarah The Body Shop dengan brand tertentu yang saat ini dikategorikan sebagai produk terafiliasi dengan Israel.

Perkembangan penting terjadi pada bulan Juni 2017 ketika The Body Shop diakuisisi oleh Natura Cosmeticos SA, perusahaan kosmetik Brasil yang membuatnya tidak lagi berkaitan dengan induk brand sebelumnya.

Platform terbuka untuk donasi

Selain itu, The Body Shop menyediakan platform bagi individu di seluruh Indonesia yang ingin berkontribusi untuk membantu Palestina.

Suzy Hutomo menyampaikan secara langsung bahwa pelanggan dan masyarakat yang mampu dan ingin, dapat memberikan donasi di seluruh toko The Body Shop tanpa harus membeli produknya.

“Setiap store The Body Shop membuka donasi untuk mendukung Palestina. Engga usah belanja juga engga papa. Mau ke kita atau ke WeCare.id juga bisa. Intinya kita bersama-sama ya,” ujar Suzy menambahkan informasi bahwa aksi ini akan dibuka hingga 7 Januari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com