Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masihkah Perlu Merayakan Hari Jadian Setelah Menikah?

Kompas.com - 21/11/2023, 12:09 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber Brides

KOMPAS.com - Banyak pasangan berusaha menjaga kehangatan hubungannya setelah menikah dengan tetap merayakan hari jadiannya.

Momen pertama kalinya menjalin asmara itu dikenang dengan istimewa lewat agenda kencan, makan malam bersama atau saling bertukar kado.

Namun mungkin ada pula yang bertanya-tanya, mengapa harus membuang waktu merayakan status pacaran padahal kita sudah menikah.

Baca juga: Tak Perlu Sering Bertemu Pacar Saat Baru Jadian

“Merayakan ulang tahun kencan seperti meninjau kembali bab pertama buku favorit Anda,” kata marriage coach di Florida, Dr. Jacquie Del Rosario.

“Di sinilah cerita dimulai, penuh dengan kegembiraan dan keajaiban penemuan serta janji akan apa yang akan datang.”

Sedangkan terapis pernikahan, keluarga, dan seks California, Nicoletta Heidegger berpendapat, merayakan hari jadian bisa jadi kesempatan untuk merayakan dimulainya hubungan kita saat hari pernikahan adalah momen mengucapkan sumpah setia yang lebih sakral.

“Kenangan berkencan dan/atau pernikahan mungkin berbeda, atau Anda mungkin hanya mencari alasan untuk merayakan satu sama lain dan hubungan Anda—setiap pasangan dan orang berbeda,” jelasnya.

Baca juga: Inspirasi Kata-kata Romantis untuk Rayakan Ulang Tahun Pernikahan

Perlunya tetap merayakan hari jadian setelah menikah

“Peringatan kencan terasa seperti kembali ke momen ajaib yang mengawali perjalanan cinta kita,” kata Dr. Jacquie.

“Ini adalah hari di mana Anda dan pasangan mengambil jeda untuk menyalakan kembali percikan yang membuat Anda berkomitmen satu sama lain."

Ia menambahkan, perayaan ini sebagai cara untuk menghormati akar sejarah dengan mengingat momen-momen yang menjadi dasar bagi komitmen seumur hidup kita.

Baca juga: 4 Alasan Traveling Setelah Menikah Itu Penting

Ilustrasi pasangan berhubungan langgengUnsplash Ilustrasi pasangan berhubungan langgeng

Selain itu, Heidegger mengatakan meluangkan waktu untuk menghormati satu sama lain pada hari jadi, berkencan, dan lainnya, penting untuk memupuk komitmen yang langgeng.

“Melakukan sesuatu untuk kesenangan dan kebahagiaan—dan mempraktikkan perayaan—penting untuk hubungan antarmanusia,” jelasnya.

“Perayaan juga dapat menciptakan zat kimia saraf yang membuat tubuh merasa nyaman dan membantu orang mengingat alasan mereka memilih satu sama lain. Penting untuk terus berupaya menjaga koneksi, dan ini adalah salah satu cara untuk melakukannya.”

Baca juga: Traveling Lebih Membahagiakan Dibandingkan Hari Pernikahan

Cara merayakannya

Pasangan suami istri yang ingin merayakan tanggal pacarannya sebaiknya mencari cara yang berbeda sekaligus tidak lebih menonjol, dibandingkan peringatan pernikahannya.

Jacquie menyarankan untuk lebih bernostalgia dengan masa muda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com