Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Warna Noise dan Manfaatnya bagi Tubuh serta Pikiran

Kompas.com - 22/11/2023, 08:55 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa ‘noise’ atau kebisingan dapat berfungsi sebagai bentuk penyembuhan yang ampuh?

Meski terkadang mengganggu, suara tertentu yang dalam bidang multimedia biasa dikenal sebagai ‘noise’, bisa menawarkan berbagai manfaat, meningkatkan fokus, tidur, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Setiap noise memiliki warna yang berbeda tergantung dari energi dan frekuensinya. Dan noise inilah yang bertindak sebagai pengalih dari suara-suara mengganggu lainnya sehingga berpotensi meningkatkan kualitas tidur dan meminimalkan gangguan.

Baca juga: 5 Suara di Sekitar yang Paling Merusak Pendengaran

Untuk mengetahui lebih jauh, mari kita simak pemaparan jenis warna noise dan wawasan tentang manfaatnya.

Terapi colored-sound

Terapi suara atau colored-sound therapy adalah pendekatan penyembuhan holistik yang melibatkan berbagai frekuensi suara untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, emosional, dan spiritual.

Menurut Barbara Shinn-Cunningham, direktur Neuroscience Institute di Universitas Carnegie Mellon, suara-suara ini memiliki kualitas tertentu --bisa membosankan, bisa menenangkan-- bagi otak sehingga akan membuat suara-suara lain kurang terdengar.

Bila digunakan saat tidur, colored-sound atau suara berwarna dapat menutupi keributan yang mengganggu sehingga seseorang bisa istirahat lebih tenang.

Jenis-jenis ‘colored-noise’

White noise

Merupakan gabungan semua noise, white noise atau broadband noise terdengar dalam bentuk suara TV statis, ruang hampa, atau pengering rambut.

Mendengar white noise seperti mendengar semua suara yang berbeda sekaligus dan hal ini sangat bagus untuk memblokir suara yang tidak diinginkan seperti suara pertengkaran atau telepon berdering tanpa henti di sekitarmu.

Manfaat:

· Membantu tidur lebih nyenyak

Menurut penelitian, selama berabad-abad white noise telah membantu orang tertidur karena menghalangi suara apa pun. Bagi mereka yang menderita insomnia atau ADHD, white noise memberikan manfaat yang bagus.

· Menenangkan bayi

Rupanya, suara yang dihasilkan bayi di dalam rahim sangat mirip dengan suara yang dihasilkan mesin white sound itulah mengapa white noise telah terbukti mengurangi tangisan bayi serta mengurangi rasa sakit selama vaksinasi bayi.

· Mengobati tinitus (telinga berdenging)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com