Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal yang Terjadi Seiring Bertambahnya Usia, Kita Mungkin Tak Sadar

Kompas.com - 25/11/2023, 09:54 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap tahun, tubuh manusia mengalami berbagai perubahan yang mungkin tidak kita sadari secara langsung. Meskipun penuaan sering kali dikaitkan dengan penampilan fisik, sebenarnya ada banyak hal yang terjadi di dalam tubuh kita seiring berjalannya waktu.

Kita akan membahas sepuluh perubahan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Mari kita lihat sejauh mana kamu menyadarinya.

1. Kamu berhenti berurusan dengan omong kosong orang lain

Robin Dunbar, seorang antropolog dan psikolog evolusioner asal Inggris, melakukan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Social Networks tahun 2016.

Dengan menganalisis catatan panggilan telepon partisipan, ia menentukan bahwa rata-rata orang hanya melakukan kontak rutin dengan sekitar 5 orang.

Hal ini tidak mengherankan karena seiring bertambahnya usia, kamu akan memikul lebih banyak tanggung jawab dan dengan demikian memiliki lebih sedikit waktu.

Saat masih muda, kebanyakan orang ingin memiliki banyak teman dan mendapat penerimaan dari semua orang. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu mencapai titik di mana kebutuhan itu berkurang, dan prioritas kamu beralih ke kepentingan pribadi.

Seiring bertambahnya usia, kamu mulai menyadari bahwa mempertahankan semua koneksi ini menghabiskan banyak waktu.

Tidak semua orang yang kamu kenal ingin menjadi temanmu, dan sebaliknya, kamu tidak selalu merasa cocok dengan semua orang di sekitarmu.

Dengan keterbatasan waktu yang semakin nyata, kamu mulai menyadari bahwa tidak ada gunanya melibatkan diri dengan orang-orang yang memberikan dampak negatif pada hidup kamu.

Baca juga: Berpikir seperti Lansia Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia, Benarkah?

2. Kamu kurang peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain

Lingkaran sosial, terutama yang berinteraksi secara langsung dengan kita, semakin sempit seiring bertambahnya usia. Akibatnya, kita memiliki sedikit ruang bagi pendapat dari luar.

Seiring bertambahnya usia, hubungan dengan teman dekat dan keluarga menjadi lebih berharga karena mereka memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan.

Wawasan yang datang dari orang-orang yang penting bagi kita jadi lebih berharga. Kita tidak lagi membuang-buang waktu untuk gosip dan rumor, bahkan menghindarinya karena masalah yang ditimbulkannya.

Semua ini memberikan kelegaan besar karena kita dapat meyakini bahwa informasi yang kita terima, baik positif maupun negatif, berasal dari hati orang-orang yang hanya menginginkan yang terbaik untuk kita.

Sepanjang hidup, kita akan mendengar berbagai macam hal tentang diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Beberapa di antaranya ternyata benar, tetapi yang lainnya menjadi bahan tertawaan.

Seiring bertambahnya usia, kita belajar untuk tidak terlalu peduli dengan pikiran orang lain dan menertawakan hal-hal negatif yang terdengar tentang diri kita.

Kita juga belajar untuk menghargai mereka yang memberikan kritik yang membangun, yang membantu membuka mata kita tentang hal-hal yang perlu kita perbaiki.

Baca juga: Umur Kian Tua? Ada 8 Gaya Hidup yang Harus Ditinggalkan

3. Kamu kehilangan rambut dengan cepat

Salah satu ketakutan terbesar yang dihadapi kebanyakan pria adalah melihat rambut mereka mulai rontok, tapi yang benar-benar mengejutkan mereka adalah betapa cepatnya hal itu terjadi.

Menurut American Hair Loss Association, 2 dari 3 pria akan mengalami kebotakan pada usia 35 tahun.

Penyebabnya meliputi berbagai hal, seperti genetika, bahan kimia dari produk rambut, stres dan pola makan yang tidak sehat adalah beberapa di antaranya.

Namun, kebanyakan orang mencari pengobatan ketika sudah terlambat.

4. Kamu mulai melihat diri kamu dalam orang lain

Ketika masih muda, kita sering bermimpi untuk mencapai kesuksesan besar, meninggalkan warisan berarti, atau bahkan mengubah dunia.

Namun, perjalanan hidup mengajarkan bahwa tidak semua orang mencapai ketenaran dan keberhasilan finansial, dan itu tidak mengurangi nilai kehidupan mereka.

Seiring bertambahnya usia, kita mulai menghargai hubungan dalam hidup dengan lebih mendalam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com