Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cosmetic Day Hadir Lagi, Bisa Berburu Berbagai Merek Lokal

Kompas.com - 25/11/2023, 12:35 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Dirjen IKM) bekerja sama dengan media digital fesyen dan kecantikan Stylo Indonesia menggelar Cosmetic Day 2023.

Tahun ini, acara yang dihelat sejak 2019 ini berlangsung pada 24-26 November 2023 di Main Atrium Lantai 5 AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Baca juga: Demam Barbie yang Memberi Inspirasi Produk Kosmetik

Pengunjung yang datang bisa berburu produk kosmetik dan kecantikan lokal, termasuk produk yang menggunakan bahan-bahan alami.

"Setiap tahun industri kosmetik bertambah terus. Pada 2021-2022 pertambahannya sekitar 20 persen. Karena start-up dan artis-artis mungkin (ikut membuat), juga menambah jumlah industri kosmetik di Indonesia," ucap Plt Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan Kementerian Perindustrian, Ni Nyoman Ambareny saat membuka acara, Jumat (24/11/2023).

Tahun ini, sebanyak 20 IKM produk kosmetik binaan Kemenperin akan turut hadir. Beberapa di antaranya adalah Follow Me, Arcia, Bali Alus, Fragrande, dan Cahaya Natura.

Suasana ruang pameran Cosmetic Day 2023 di AEON Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Suasana ruang pameran Cosmetic Day 2023 di AEON Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2023).

Selain itu, turut hadir talkshow bisnis dan kecantikan, workshop, dan temu bisnis bagi pelaku industri kosmetik.

Berbagai topik talkshow yang dihadirkan berkaitan dengan sejumlah topik seperti legalitas kosmetik, inovasi bahan kosmetik, kebijakan Wajib Halal 2026, tips branding usaha kosmetik, dan wirausaha di bidang kosmetik.

Baca juga: Aturan Membawa Kosmetik ke Kabin Pesawat, Ini Panduannya

Pada kesempatan yang sama, Head of Creative Program Cosmetic Day 2023 serta Founder & Head of Stylo Indonesia, Idho Nugroho mengatakan, Cosmetic Day juga bersinergi dengan program Srikandi Untuk Negeri yang baru saja diluncurkan Juni 2023 dengan fokus obyek para perempuan Indonesia di balik industri UKM.

“Selaku kolaborator acara Cosmetic Day 2023, kami juga menggandeng berbagai stakeholder lainnya seperti menghadirkan perwakilan Putri Indonesia, menggandeng mahasiswa dari Program Studi Tata Rias, serta mengundang influencer beautypreneur inspiratif Indonesia yang telah berhasil membangun brand kosmetik lokal,” ucap Idho.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com