Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Mengalahkan Kandidat Lain Saat Mencari Kerja

Kompas.com - 27/11/2023, 12:12 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber indeed

KOMPAS.com - Mencari kerja di era yang sangat kompetitif seperti sekarang penting untuk punya strategi yang efektif. Entah itu ketika kamu sedang menganggur dan mencari pekerjaan baru, maupun saat mempertimbangkan untuk beralih pekerjaan.

Memahami dengan baik langkah-langkah dalam mencari pekerjaan dan cara melamar dapat membantu menemukan peluang kerja terbaik.

Berikut strategi mencari kerja yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar peluang diterima:

Jadilah selektif

Fokuskan pencarian kerja pada posisi yang membuat kamu bersemangat dan perusahaan yang benar-benar diinginkan.

Ini akan membantu kamu merasa percaya diri dengan posisi tersebut saat berbicara dengan manajer perekrutan. Semangat itu nantinya juga akan terlihat saat wawancara, sehingga akan meningkatkan kemungkinan untuk diterima.

Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Saat Kesulitan Mencari Kerja

Periksa profil media sosial

Periksa segala profil media sosial yang terkait pekerjaan dan pastikan semuanya lengkap. Ini akan menciptakan gambaran kamu sebagai kandidat yang ideal. 

Bila perlu lakukan penyesuaian profil dengan kata kunci tertentu yang dicari oleh para manajer rekrutmen saat mencari calon dengan keahlian yang kamu miliki.

Ilustrasi surat lamaran kerja.SHUTTERSTOCK/NEOMASTER Ilustrasi surat lamaran kerja.

Jika butuh petunjuk tentang kata kunci yang tepat, cari posisi terbuka dalam industri kamu dan kenali kata kunci yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Pertimbangkan membuat situs web pribadi yang menonjolkan keahlian. Hal ini dapat memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan dan, sesuai dengan keahlianmu, menampilkan portfolio.

Sesuaikan lamaran

Sesuaikan surat lamaran dan resume untuk setiap posisi yang ingin dilamar. Evaluasi bagaimana keahlian kamu sesuai dengan posisi yang dilamar dan sesuaikan resume untuk menyoroti pencapaian dan pengalaman yang relevan.

Selain itu, sertakan kata kunci dari deskripsi pekerjaan untuk posisi yang diincar.

Pelajari keterampilan baru

Menjelajahi keterampilan baru dan terkait dengan pekerjaan kamu dapat memberikan dorongan kepercayaan diri dan meningkatkan energi.

Ini tidak hanya membuka jaringan dengan orang-orang yang memiliki semangat untuk mengembangkan keterampilan, tetapi juga membuka peluang untuk berinteraksi dengan profesional lain dalam industri kamu.

Dengan berada dalam lingkungan yang dikelilingi oleh rekan-rekan industri, kita juga dapat memperoleh info seputar peluang baru.

Selain itu, ini akan memperkaya resume, menunjukkan bahwa kamu memiliki fokus pada pertumbuhan pribadi dan profesional.

Baca juga: Cara untuk Mengurangi Kecemasan Mencari Kerja

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com