Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Insecure yang Ada di Tempat Kerja dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 21/11/2023, 16:36 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber indeed

KOMPAS.com - Perasaan insecure di lingkungan kerja dapat menimbulkan keraguan terhadap tujuan, hubungan, dan kinerja profesional dalam karier. Umumnya, perasaan insecure ini bersifat sementara dan bisa muncul pada berbagai tahap karier.

Dengan memahami penyebabnya, kita dapat mengidentifikasi langkah-langkah efektif untuk mengatasi perasaan tersebut.

Mengelola rasa insecure di tempat kerja dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam kemampuan, memahami nilai pekerjaan, dan memberikan kepuasan yang lebih besar dalam pekerjaan.

Lalu apa saja yang bisa menimbulkan perasaan insecure di lingkungan kerja?

Gaji

Mungkin kamu pernah merasa tidak puas dengan penghasilan kamu saat ini. Terkadang, keinginan untuk mendapatkan lebih banyak uang atau perbandingan dengan rekan kerja dapat menimbulkan rasa insecure.

Perlu diingat bahwa biasanya, atasan memiliki skala gaji yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti pengalaman kerja, lama bekerja, dan jenis pekerjaan.

Jika kamu merasa pantas mendapatkan gaji lebih tinggi, pertimbangkan untuk berbicara dengan atasan.

Saat berkomunikasi, tunjukkan kamu memang layak mendapatkan kenaikan gaji dengan menyajikan pencapaian kerja spesifik dan kontribusi kamu terhadap tim atau perusahaan.

Sebelumnya, kamu bisa berlatih berbicara di depan cermin atau dengan teman dekat untuk meningkatkan rasa percaya diri sebelum mengajukan permintaan kepada manajer.

Baca juga: Cara agar Tidak Terlalu Merasa Insecure

Beban kerja

Banyak profesional mengalami ketidakpercayaan diri terkait kemampuan mereka dalam menghadapi beban kerja.

Jika kamu merasa kesulitan menyelesaikan tugas, penting untuk mengingatkan diri bahwa kamu telah berusaha sebaik mungkin.

Seringkali, tingkat produktivitas kamu dapat meningkat dalam beberapa hari ke depan.

Namun, jika kesulitan tersebut berlangsung secara konsisten, bijaklah untuk jujur kepada manajer atau rekan kerja mengenai kapasitas pekerjaan yang dapat kamu tangani dalam satu hari atau satu minggu.

Mereka mungkin tidak menyadari rasa insecure kamu dan dapat membantu dengan cara membagi atau mendelegasikan beberapa tugas.

Pengakuan

Jika kamu merasa insecure karena usaha keras kamu tidak mendapatkan pengakuan, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menunjukkan keinginan kamu mendapatkan lebih banyak apresiasi.

Sebagai contoh, tunjukkan perilaku yang kamu harapkan dari orang lain dengan memberikan penghargaan kepada rekan kerja yang berprestasi. Kirimkan email yang mengakui keberhasilan mereka atau berikan pujian dalam rapat.

Dengan menunjukkan penghargaan kepada orang lain, kamu dapat meningkatkan kemungkinan dikenali atas usaha kamu.

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak umpan balik langsung dari manajer mengenai kinerja kamu, ada beberapa tindakan yang dapat diambil.

Kamu bisa menjadwalkan pertemuan dengan manajer atau mengirimkan update terkini tentang kemajuan dalam tugas atau proyek.

Sampaikan kepada manajer, kamu percaya diri dengan pekerjaan kamu dan ingin mengetahui pandangan mereka tentang kinerjamu. Pendekatan ini dapat membantu kamu menerima umpan balik tanpa harus secara langsung memintanya.

Baca juga: Kenali, Tanda-tanda Kamu Sedang Insecure dalam Hubungan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com