Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Jus Seledri untuk Jaga Kesehatan Jantung hingga Kulit

Kompas.com - 01/12/2023, 12:35 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain menjadi tambahan untuk berbagai hidangan, seledri juga dapat diblender menjadi jus yang sehat dan memiliki rasa yang kuat.

Faktanya, jus seledri menyediakan banyak jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, sehingga dapat membantu menangkal penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat untuk jangka panjang.

Dilansir dari laman Eat This Not That, seorang ahli diet terdaftar, Mackenzie Burgess, RDN, menjelaskan lebih lanjut mengenai beberapa manfaat minum jus seledri bagi kesehatan sebagai berikut.

1. Kaya akan vitamin

Salah satu manfaat utama minum jus seledri secara teratur adalah peningkatan mikronutrien.

Baca juga: Konsumsi Seledri dan Hubungan dengan Tekanan Darah Tinggi

"Manfaat besar jus seledri adalah jus ini mengandung nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin A, C, dan K," kata Mackenzie.

"Nutrisi ini sangat penting untuk banyak fungsi penting dalam tubuh kita," terangnya.

Satu cangkir jus seledri juga merupakan sumber kalsium yang berharga (8 persen DV atau nilai harian), magnesium (7 persen DV), dan kalium (14 persen DV).

2. Mengurangi peradangan dan penyakit kronis

"Kalsium, kalium, dan magnesium semuanya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke," kata Mackenzie.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Chiropractic Medicine mengevaluasi manfaat minum jus seledri untuk pasien hipertensi.

Di sana ditemukan bahwa dengan memasukkan jus seledri ke dalam makanannya, serta perawatan chiropraktik secara teratur, tekanan darahnya menurun seiring berjalannya waktu.

Meskipun penelitian ini hanya mengamati satu pasien, banyak ahli yang mengonfirmasi, berbagai aspek nutrisi dari jus seledri dapat terus memberikan manfaat positif bagi kesehatan jantung.

Penelitian lain dalam Phytotherapy Research juga menemukan flavonoid dalam seledri dapat menekan peradangan kardiovaskular, mengurangi stres oksidatif dalam aliran darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.

Hal ini juga menyebabkan perluasan otot polos dalam pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Resep Tumis Daging dan Seledri dengan Bawang Putih

3. Meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Mackenzie mengungkapkan, jus seledri dapat membantu mendukung kesehatan mata karena kandungan vitamin A.

Menurut Mayo Clinic, atu cangkir jus seledri mengandung 7 persen DV vitamin A, yang merupakan nutrisi penting untuk penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, dan kekebalan tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com