Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Mini SMM X Greenpeace Indonesia, Gugah Kesadaran Krisis Iklim

Kompas.com - 01/12/2023, 21:14 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jenama fesyen Sejauh Mata Memandang (SMM) melanjutkan komitmennya untuk lebih bertanggung jawab dan mendukung kegiatan yang bertujuan merawat Bumi. 

Di penghujung 2023, SMM berkolaborasi dengan Greenpeace Indonesia dengan menghadirkan pameran seni bertajuk “Kedai Kita”.

Mini pameran yang digelar di Plaza Indonesia mulai tanggal 1 Desember hingga 10 Desember 2023 itu mengangkat satu tema besar dengan tujuan menggugah masyarakat agar lebih peduli dan aware dengan krisis iklim yang saat ini telah sampai di meja makan kita.

Menurut laporan Greenpeace Indonesia, krisis iklim telah memberikan dampak serius terhadap hasil panen di beberapa daerah di Indonesia, hal ini menimbulkan risiko tinggi terhadap kegagalan panen dan tanam yang dialami oleh para petani serta petambak.

Mulai dari kopi di Banjarnegara, beras di Gunung Kidul, ikan bandeng di Gresik, hingga rempah seperti pala dan cengkeh di Maluku, bahan-bahan pangan ini kini berada di ambang kepunahan, mengancam kenikmatan makanan sehari-hari kita.

Baca juga: Krisis Iklim Makin Parah, Dunia Berada di Titik Kritis 

"Kedai Kita" kita sendiri merupakan bagian dari rangkaian "Berhenti Basa Basi Buat Bumi," yang merupakan respons untuk mendorong pemerintah agar mengambil tindakan nyata terkait krisis iklim.

Kegiatan ini bertujuan dengan konferensi iklim tahunan global COP 28 di Dubai, di mana para pemimpin dari seluruh dunia berkumpul membahas upaya penyelamatan dunia dari krisis iklim.

Namun, aksi yang ditempuh oleh pemerintah dianggap belum efektif dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca dan mengendalikan kenaikan suhu global, sehingga terkesan hanya basa-basi buat bumi.

Melalui “Kedai Kita”, SMM dan Greenpeace Indonesia berharap dapat menghadirkan berbagai wadah untuk menggugah kesadaran masyarakat akan krisis iklim.

Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk terus memotivasi adanya langkah-langkah nyata dari masyarakat untuk melibatkan diri dalam perubahan positif.

"Makanya pameran ini dibuat supaya membuka mata lebih banyak orang dan hal ini sangat darurat dan perlu sama-sama tahu. Kami mengejar melakukan mencari solusi dari pemerintahan demi membuat regulasi untuk kepentingan bersama,"

Demikian kata Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang dalam konferensi persnya di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Cerita di Balik Parfum Aroma Sampah dari Greenpeace Indonesia 

Tiga instalasi angkat tema krisis pangan

Konferensi pers Kedai Kita SMM X Greenpeace Indonesia di Plaza Indonesia, kiri ke kanan (Perwakilan Plaza Indonesia, Chitra dari SMM dan Aldila dari Greenpeace Indonesia).KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Konferensi pers Kedai Kita SMM X Greenpeace Indonesia di Plaza Indonesia, kiri ke kanan (Perwakilan Plaza Indonesia, Chitra dari SMM dan Aldila dari Greenpeace Indonesia).

Dalam upayanya mengajak publik lebih luas untuk memahami masalah krisis iklim yang sudah sampai ke meja makan kita, SMM dan Greenpeace Indonesia menggagas tiga area kedai mini di Plaza Indonesia.

Di antaranya adalah Kopi Tinggal Kenangan, Warung Nasib Kita di Masa Depan (WarNas), dan Warung Sejauh Mata Memandang yang dirancang oleh Keluarga Sejauh, Felix Tjahyadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com