Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SOROT POLITIK

Sempat Keliru Disebut Gibran, Ini Manfaat Asam Folat bagi Ibu Hamil

Kompas.com - 05/12/2023, 17:18 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asam folat menjadi perbincangan publik setelah calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, keliru menyebutnya sebagai asam sulfat. Hal ini memicu pembahasan di kalangan masyarakat mengenai asam folat dan manfaatnya bagi ibu hamil.

Seperti diketahui, program kerja pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan cawapres Gibran menekankan pentingnya gizi untuk ibu hamil dan anak guna mencegah stunting.

Salah satu inisiatif utama Prabowo-Gibran dalam hal tersebut adalah menyediakan susu gratis untuk ibu hamil, serta memberikan makan siang dan susu gratis untuk siswa di sekolah.

"Ibu-ibu yang hamil kami beri dukungan gizi karena mereka sudah mengandung sembilan bulan. Kami sekarang tidak mau lagi ada anak Indonesia yang kurang gizi, stunting, tidak boleh lagi ada istilah itu di bumi Indonesia," ujar Prabowo beberapa waktu lalu saat berkampanye di Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (3/12/2023).

Baca juga: Soal Salah Penyebutan Asam Folat oleh Gibran, Airlangga: Masih Banyak Forum, Akan Dibahas

Untuk diketahui, asam folat memang dapat ditemukan di dalam susu. Asam folat merupakan bentuk sintetik dari vitamin B9 yang larut dalam air. Vitamin B9 juga dikenal dengan nama folat atau folasin.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (5/12/2023), asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk kesehatan perempuan. Bagi ibu hamil, asam folat menjadi salah satu kebutuhan utama selain zat besi, kalsium, dan mineral.

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan ibu hamil setidaknya mendapatkan asupan asam folat sebesar 600-800 mikrogram (mcg) per hari.

Adapun manfaatnya termasuk untuk proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan proses tumbuh kembang janin, serta mencegah keguguran.

Baca juga: 11 Fungsi Asam Folat dan Dosis yang Diperlukan Ibu Hamil

Manfaat asam folat

Asam folat bersamaan dengan vitamin B-12 dan kolin juga bisa menurunkan risiko komplikasi pada janin lainnya, seperti gangguan pembuluh darah di ari-ari bayi atau plasenta, kelahiran prematur, bayi berat badan lahir rendah (BBLR), dan bayi dengan ukuran kecil.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat asam folat untuk ibu hamil.

Pembentukan plasenta

Plasenta adalah lapisan yang terbentuk di area rahim selama masa kehamilan dan berfungsi mengalirkan oksigen serta nutrisi ke janin. Fungsinya begitu besar untuk tumbuh kembang janin sehingga pembentukannya harus optimal.

Baca juga: Pertama Kali, Transplantasi Rahim Berhasil Dilakukan di Korea Selatan

Plasenta adalah lapisan yang terbentuk di dalam rahim selama masa kehamilan dan berperan dalam mengalirkan oksigen serta nutrisi ke janin.

Fungsinya sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang janin, sehingga proses pembentukannya harus optimal.

Menekan risiko preeklamsia

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com