Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Punya Lift di Rumah Boros Listrik?

Kompas.com - 11/12/2023, 17:05 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Memang lif di rumah atau home lift telah menjadi salah satu inovasi terkini yang memberikan kenyamanan dan kemudahan aksesibilitas di dalam rumah. Namun, muncul pertanyaan apakah menggunakan home lift akan boros listrik?

Home lift modern dirancang dengan teknologi yang sangat efisien energi. Misalnya saja seperti jenis Orka 200 yang merupakan best seller produk dari produsen home lift asal Eropa, Orkanda.

Orka 200 menggunakan penggerak ulir yang tidak hanya aman tetapi juga mengonsumsi daya listrik dalam jumlah yang relatif kecil.

Sebagai perbandingan, kebutuhan daya listrik home lift Orka 200 hanya sekitar 2200 watt atau setara dengan penggunaan hair dryer.

Lift tipe Orka 200 dari Orkanda.KOMPAS.com/Rizky Lift tipe Orka 200 dari Orkanda.
Banyak yang mengira, penggunaan lift di rumah dapat meningkatkan tagihan listrik bulanan. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Baca juga: 5 Peralatan Elektronik yang Bikin Boros Listrik dan Tips Menghematnya

Menurut, sales engineer Orkanda Fadhillah Rahman, home lift, terutama yang menggunakan teknologi penggerak ulir seperti Orka 200 telah dirancang untuk mengoptimalkan konsumsi energi sehingga tidak memberatkan tagihan listrik.

“Biaya listrik perbulannya kurang lebih ada di Rp 250.000 sampai Rp 300.000,” ungkap Fadhillah.

Tak hanya irit, home lift dengan penggerak ulir ini juga lebih praktis untuk dipasang maupun dilepas jika kita ingin memindahkannya.

Untuk memasang lift ini, hanya dibutuhkan ruang kosong minimal 1,2 x 1,2 meter saja. Sementara, jika lift konvensional membutuhkan 1,5 meter menggali ke dalam tanah, Orka 200 hanya memerlukan 6 sentimeter saja.

Orka 200 ini juga bisa diletakan di luar maupun di dalam ruangan. Selain itu, kita juga dapat dengan mudah memindahkannya.

“Misal rumah lamanya tiga lantai mau dipindah ke rumah yang dua lantai, berarti ada yang harus kita kurangi. Jika rumahnya tiga lantai mau dipindah ke empat lantai, artinya ada beberapa part yang harus ditambah. Sangat mudah seperti puzzle,” jelas Fadhillah.

Baca juga: Rumah Makin Estetik dengan Pasang Lift

Home lift sebenarnya bisa menjadi kebutuhan esensial jika ada keluarga dengan anggota yang membutuhkan bantuan mobilitas atau untuk mengatasi tantangan aksesibilitas.

Home lift juga bisa digunakan sebagai alat untuk membantu kita saat harus mengangkut barang berat. Orka 200 sendiri bisa menampung berat sampai 400 kilogram atau setara dengan lima penumpang dewasa.

Orka 200 juga memiliki sertifikasi keamanan internasional untuk memastikan mobilitas keluarga di rumah selalu aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com