Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2023, 18:35 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

 

KOMPAS.com - Dalam era modern ini, kenyamanan dan gaya hidup yang efisien semakin jadi perhatian utama bagi banyak orang. Salah satu inovasi terkini yang memenuhi kebutuhan tersebut adalah penggunaan home lift atau lift di rumah.

Beberapa orang mungkin memandang home lift sebagai kemewahan yang tidak perlu. Namun, bagi keluarga dengan anggota yang membutuhkan bantuan mobilitas atau kesulitan naik tangga, home lift dapat menjadi kebutuhan esensial.

Penggunaan home lift dapat memberikan kemandirian kepada mereka yang mungkin sulit bergerak di tangga atau ruangan yang sulit diakses.

Lift tipe Orka 200 dari Orkanda.KOMPAS.com/Rizky Lift tipe Orka 200 dari Orkanda.
Tak hanya itu, sales engineer Orkanda Fadhillah Rahman, menyebut bahkan home lift ini bisa dijadikan unsur estetika di rumah untuk menambahkan kesan mewah di dalam ruangan.

Pasalnya, produk lift best seller dari Orkanda, Orka 200, memiliki desain panoramik dengan sisi lift yang dilapisi kaca yang bisa memberikan tampilan yang elegan dan mewah.

Baca juga: Mau Punya Lift di Rumah? Ketahui 4 Manfaatnya Berikut Ini

“Sekarang sudah menjadi lifestyle dari yang punya rumah owner ingin rumahnya terlihat lebih mewah dengan adanya lift. Unsur estetika lift bisa dengan memilih tipe panoramik. Jadi lift ini semua sisinya bisa kita kasih kaca membuat viewnya lebih bagus,” ungkap Fadhillah.

Meski desainnya panoramik, kaca yang digunakan Orkanda adalah kaca khusus, yaitu kaca tempered laminate yang memiliki tiga lapis kaca yang kuat.

“Kaca kita itu kaca khusus tempered laminate. Jadi dua kaca yang di tengahnya ada lapisan lagi. Sangat kuat, jadi begitu pecah juga tidak pecah seperti cermin, sangat aman,” tambah Fadhillah

Tipe ini juga fleksibel. Jika tidak suka tampilan panoramik untuk home lift, kita bisa mengubahnya dengan sisi yang tidak menggunakan kaca. Bahkan, kita juga bebas memilih warnanya.

Mudah dipasang

Kelebihan utama home lift buatan Eropa dari Orkanda ini adalah kemudahan pemasangan tanpa memerlukan persiapan khusus.

Home lift ini bisa dipasang di rumah yang sudah jadi dengan memanfaatkan ruang kosong minimal 1,2 x 1,2 meter saja. Artinya, kita tak perlu melakukan perubahan signifikan pada struktur rumah atau menyediakan ruang kosong yang luas untuk home lift.

Baca juga: Sesak Napas Setelah Naik Tangga, Pertanda Apa?

Pemasangannya pun tak membutuhkan waktu lama, yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 hari.

“Instalasi untuk dua lantai itu biasanya lima hari kerja dengan asumsi kita mulai kerja sembilan pagi diakhiri lima sore. Biasanya tiga atau empat lantai itu ya 10 hari kerja cukup,” jelas Fadhillah

Bicara soal keamanan, home lift Orka 200 menggunakan penggerak ulir dan memiliki sertifikasi standar internasional yang memastikan nol persen potensi terjatuh.

Selain itu, lift rumah dari Orkanda juga telah dilengkapi dengan safety edge sensor, sehingga aman digunakan untuk anak kecil dan lansia. Apabila kaki bersentuhan dengan pinggiran lantai lift saat digunakan, maka lift akan otomatis berhenti agar pengguna tidak terjepit.

Tak heran, jika artis seperti Raffi Ahmad, Ivan Fadila hingga atlet badminton, Kevin Sanjaya memilih Orkanda sebagai home lift mereka.

Dalam setiap pembelian Orka 200, nantinya kita akan mendapatkan free service selama dua tahun pertama, garansi spare part sampai lima tahun dan masih ada tambahan garansi selama 10 tahun untuk penggerak utama.

Semantara itu, home lift Orka 200 untuk dua lantai dihargai mulai dari Rp. 365 juta sampai Rp. 370 juta tergantung pada desain home lift yang diinginkan.

Saat ini, Orkanda sudah tersedia di empat kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com