Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Cawapres 2024, Ini Makna Baju Pesak Madura Mahfud Md

Kompas.com - 23/12/2023, 07:05 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md, tampil unik dengan busana adat pria asal Madura di agenda Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023).

Tema debat kali ini membahas seputar masalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan mau pun ekonomi digital, keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, lalu soal investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.

Di momen ini, Mahfud Md tampil di depan publik mengenakan baju Pesak Madura dengan garis merah-putih horizontal, outer dan celana hitam.

"Ini baju rakyat Madura, ada dua lapis, ada lapisan priayi dan ada lapisan rakyat," katanya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (22/12/2023).

Baju adat Madura yang dipakai Mahfud Md itu memiliki makna yang mencerminkan kerendahan hati sekaligus ketegasan jiwa.

Meski terlihat sederhana, namun baju Pesak Madura membawa pesan yang menegaskan si pemakainya.

Baca juga: Mengulik Makna Baju Adat Ganjar dan Mahfud MD di Debat Cawapres 

Calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyapa penonton sebelum debat kedua calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 diikuti tiga cawapres yang mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyapa penonton sebelum debat kedua calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 diikuti tiga cawapres yang mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.

Ukurannya juga terlihat longgar yang diyakini dapat memberikan banyak ruang gerak yang melambangkan kebebasan dan keterbukaan.

Sementara itu, dominasi tiga warna yang terlihat pada pakaiannya seperti merah dan putih merupakan simbol ketegasan dan tingginya semangat juang laki-laki Madura.

Adapun rona hitam pakaian tersebut melambangkan pria gagah berani dan pantang menyerah.

Melengkapi penampilannya, Mahfud Md juga mengenakan penutup kepala yang disebut odheng.

Odheng yang dikenakannya itu memiliki warna merah yang melambangkan Alif - huruf Hijaiyah yang pertama.

Pada odhengnya juga terdapat simbol segitiga kembar yang melambangkan dua hal yang saling melengkapi.

Seperti simbol segitiga ke bawah yang menunjukkan kerendahan hati dan segitiga ke atas yang mencerminkan ketegasan.

Nilai-nilai yang tercermin pada pakaian adat khas Madura itu dianggap sejalan dengan karakter Mahfud Md dan visi-misinya menjadi Cawapres 2024.

Baca juga: Mahfud MD Ucapkan Selamat Hari Ibu Sebelum Paparkan Visi Misi di Debat Cawapres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com