Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Vitamin Penting yang Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Kompas.com - 27/12/2023, 11:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim hujan cenderung dapat menimbulkan penyakit seperti flu dan batuk, sehingga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Untungnya, ada banyak vitamin yang dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga sistem kekebalan, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Liburan Akhir Tahun

Dikutip dari laman New York Post, berikut adalah beberapa vitamin penting yang perlu ditambahkan ke dalam rutinitas harian.

1. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang paling baik untuk dikonsumsi secara teratur.

Vitamin ini memiliki berbagai macam fungsi, termasuk membantu melindungi sel dan menjaganya tetap sehat, menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah, tulang, dan tulang rawan, serta membantu penyembuhan luka.

National Health Service (NHS) mengatakan, orang berusia 19-64 tahun membutuhkan asupan 40 mg vitamin C setiap hari, dan diet harian kita harus memberikan jumlah yang dibutuhkan.

Baca juga: Daftar Vitamin dan Mineral yang Sebaiknya Dikonsumsi Bersamaan

2. Vitamin D

Vitamin D juga sangat penting untuk mendukung kekebalan tubuh, khususnya untuk memaksimalkan penyerapan kalsium yang baik untuk tulang.

Menurut Mayo Clinic, vitamin ini juga memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan pelindung saraf yang mendukung kesehatan kekebalan tubuh, fungsi otot, dan aktivitas sel otak.

Vitamin D berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, dan dapat mengurangi risiko penyakit autoimun seperti diabetes, asma, dan artritis reumatoid.

Kita bisa mendapatkannya dari asupan seperti susu, sereal, dan ikan berlemak, serta sinar matahari langsung.

Baca juga: 5 Makanan Nabati Tinggi Vitamin D, Cocok untuk Vegan

Namun, jumlah vitamin D yang diproduksi oleh kulit kita bergantung pada banyak faktor, termasuk waktu dalam setahun.

Produksi vitamin D dapat menurun, atau bahkan tidak ada sama sekali, selama bulan-bulan musim hujan, jadi sangat penting untuk memastikan kita mendapatkan asupan harian.

Ada pun rekomendasi vitamin D untuk orang dewasa berusia 19 tahun ke atas adalah 600 IU (15 mcg) setiap hari, baik pria dan wanita.

Sedangkan kebutuhan vitamin D biasanya meningkat menjadi 800 IU (20 mcg) untuk orang dewasa yang berusia di atas 70 tahun.

3. Vitamin B6

Sumber vitamin B1, B6, dan B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf dan membantu mencegah neuropati. Contohnya, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.Tatjana Baibakova Sumber vitamin B1, B6, dan B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf dan membantu mencegah neuropati. Contohnya, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com