Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Feng Shui 2024: Barang yang Perlu Dibuang untuk Menghindari Nasib Buruk

Kompas.com - 06/01/2024, 15:01 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Setiap pergantian tahun, kita tentu berharap kehidupan semakin baik, nasib semakin mujur, dan keberuntungan datang berlimpah.

Menurut Feng Shui, ilmu tradisional Tiongkok yang menitikberatkan pada aliran energi, semua hal baik itu bisa diusahakan dengan cara mengundang energi baik dalam kehidupan kita.

Salah satu yang dipelajari dalam Feng Shui adalah mengatur elemen-elemen dalam ruang untuk mencapai aliran energi positif atau 'chi' yang maksimal.

Karenanya setiap tahun baru, para ahli Feng shui merekomendasikan pembersihan rumah untuk menghilangkan kekacauan untuk membebaskan diri dari hambatan dan ikatan masa lalu.

Ada pepatah terkenal dalam Feng shui yang mengatakan: “Tidak ada hal baru yang masuk ke dalam hidup Anda sampai Anda memberikan ruang untuk itu.”

Karena rumah adalah tempat kita tinggal, maka menjadi penting lagi untuk menghilangkan unsur-unsur yang membawa kesialan, kesedihan dan menimbulkan kesuraman.

Apa sajakah unsur-unsur tersebut? Berikut barang-barang yang harus disingkirkan di tahun baru ini agar tidak menghalangi energi positif masuk ke rumah kita.

Baca juga: 9 Tips Feng Shui untuk Kemajuan Karier dan Kesuksesan

Sebelumnya perlu dipahami bahwa rumah yang berantakan akan menciptakan suasana tidak teratur, memberi sinyal pada pikiran bahwa kita tidak bisa mengendalikan ruangan kita.

Dan karena semua benda mengumpulkan energi, kita perlu memilahnya untuk menghindari perasaan kewalahan dan terus-menerus merasa sedih.

Dalam Feng shui, pembersihan energi tidak hanya mencakup rumah saja, tetapi juga ruang lain tempat kita bekerja dan tinggal.

Mulai dari piring pecah dan surat cinta dari mantan, hingga langit-langit hitam, pakaian/dompet kuno, dan banyak lagi – adalah barang harus diganti, dibersihkan, dan diperbarui setiap tahun untuk menarik keberuntungan.

Barang-barang yang perlu dibuang untuk Feng shui yang baik

Jam yang rusak atau berhenti

Ilustrasi jam dinding sebagai dekorasi rumah.PEXELS/AMORNTHEP SRINA Ilustrasi jam dinding sebagai dekorasi rumah.
Jam yang rusak disebut bisa menghambat kemajuan dan mengundang nasib buruk dan kegagalan. Jam rusak melambangkan konsep waktu yang stagnan, dan kehidupan pribadi atau pekerjaan yang terhenti seperti jam tersebut.

Banyak yang percaya bahwa mekanisme jam ada hubungannya dengan tubuh kita. Jam yang tidak berfungsi atau berhenti menandakan gangguan atau sakit. Karenanya ganti jam yang rusak atau tidak terpakai agar kita memiliki hubungan yang lebih sehat dengan waktu.

Televisi di kamar tidur

Ilustrasi TV di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi TV di kamar tidur.
Dalam Feng Shui, memiliki TV di kamar bisa membawa sial. Memiliki televisi ibarat mengundang pihak ketiga ke dalam ruang sakral Anda dan mengganggu keintiman dengan pasangan. Keberadaan TV di kamar tidur dianggap membuka pintu perselingkuhan.

Alasan kedua, televisi yang dimatikan akan tampak seperti cermin, yang merupakan larangan besar di dekat tempat tidur Anda. Cermin atau permukaan reflektif apa pun di dekat tempat tidur bisa memicu mimpi buruk, insomnia, atau masalah terkait tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com