Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Beli Batik di Pekalongan yang Identik dengan Warna Cerah 

Kompas.com - 18/01/2024, 07:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pekalongan, Jawa Tengah merupakan salah satu sentra produksi batik di Indonesia. Berada di jalur pantai utara (pantura), kamu bisa menjumpai sejumlah tempat beli batik di Pekalongan

Batik Pekalongan memiliki ciri khas yang membedakannya dengan produk batik dari kota lain. Melansir dari situs Gramedia, batik Pekalongan identik dengan warna cerah dan terinspirasi dari keindahan tumbuhan dan hewan. 

Baca juga:

Tempat beli batik di Pekalongan 

Ilustrasi batik Pekalongan dengan warna cerah. Berikut tempat beli batik di PekalonganShutterstock/Aditya_frzhm Ilustrasi batik Pekalongan dengan warna cerah. Berikut tempat beli batik di Pekalongan

Berikut rekomendasi tempat beli batik di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi saat mampir ke Kota Batik. 

1. Pasar Setono 

Pasar Setono ada sentra penjualan batik di Kota Pekalongan. Kamu bisa menjumpai banyak kios batik yang melayani penjualan eceran maupun grosir. 

Ada beragam motif batik yang bisa dijumpai di Pasar Setono, termasuk batik khas Pekalongan. Selain aneka motif, tersedia juga berbagai macam batik mulai dari tulis, cap hingga printing.

Lokasinya sangat strategi di seberang Gerbang Tol (GT) Batang. Tepatnya di Jalan Dr. Sutomo Nomor 1 - 2, Karangmalang, Pekalongan Timur. 

Mengutip laman Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan, Grosir Batik Setono didirikan pada 15 Desember 1941. Pusat batik ini menempati bangunan bekas pabrik tekstil yang sudah tidak beroperasi.

2. International Batik Center (IBC) 

International Batik Center (IBC) Pekalongan.  Berikut tempat beli batik di PekalonganDok. Visit Jateng International Batik Center (IBC) Pekalongan. Berikut tempat beli batik di Pekalongan

Serupa dengan Pasar Setono, International Batik Center merupakan kawasan penjualan batik. Kamu bisa menjumpai batik aneka macam dan motif di International Batik Center.  

Lokasinya juga cukup strategis karena berada di jalur utama pantura. Tepatnya di Jalan Ahmad Yani Nomor 573, Pegantungan, Pekuncen, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. 

Selain batik, pengunjung bisa menjumpai tas, dompet, dan aksesoris dari batik. International Batik Center juga dilengkapi dengan saran ibadah, area parkir, food court, museum batik, dan sarana umum lainnya. 

3. Qonita Batik & Boutique 

Jika mencari batik premium, maka Qonita Batik & Boutique bisa menjadi pilihan. Melansir dari situs resminya, Qonita Batik & Boutique sudah didirikan sejak 1995. 

Qonita  Batik & Boutique  menjual berbagai jenis produk berbahan batik, seperti gaun ready to wear dari bahan sutra premium, kemeja sutra premium, blouse, tunik, rok, daster, dan lainnya. 

Adapula produk non fesyen, seperti seprai, mukena, dan lainnya. Beberapa rancangan dari Qonita Batik & Boutique pernah dipamerkan di ajang Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Jogja Fashion Week, INACRAFT, dan sebagainya. 

Qonita Batik & Boutique memiliki sejumlah cabang di berbagai kota di Indonesia. Alamat toko pusatnya berada di Jalan Gajah Mada Barata No.49, Kramatsari, Kota Pekalongan. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com