Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Pertama yang Diperhatikan Seseorang Saat Berkencan

Kompas.com - 19/01/2024, 16:16 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Setiap orang yang akan berkencan, pasti berharap bisa memberikan kesan yang baik. Maka wajar jika sebelum berkencan kita mandi bersih, mengenakan pakaian terbaik, dan memakai wewangian. 

Namun itu bukan satu-satunya yang akan diperhatikan teman kencanmu. Selain penampilan fisik, hal yang juga akan dilihat adalah bahasa tubuh hingga cara komunikasi. 

Menurut para terapis dan pakar hubungan, jika ini adalah kencan pertama, maka ada beberapa hal utama yang biasanya meninggalkan kesan saat kamu berkencan. Apa saja?

1. Gigimu

“Berdasarkan penelitian, diperlukan waktu antara 0,7 dan 3 detik pada kesan pertama untuk menilai apakah seseorang menarik atau tidak secara fisik,” ujar Jack Hazan, LMHC, pendiri Modern Therapy Group. Dan salah satu bagian tubuh yang langsung menjadi perhatian adalah gigi kita.

Mengapa teman kencanmu segera memperhatikan gigi? Sederhananya, "Saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya, apalagi teman kencan, kita biasanya tersenyum," kata Lee Phillips, LCSW, terapis seks dan pasangan.

Senyum lebar memancarkan rasa percaya diri dan menunjukkan bahwa kamu senang berada di sana. Saat kita tersenyum dan gigi terlihat, orang segera bisa menyimpulkan apakah gigi itu terawat dan bersih, yang membuatnya mengetahui apakah kamu peduli dengan perawatan diri atau tidak.

Baca juga: Warna yang Cocok Dikenakan Saat Kencan Pertama, Jangan Salah

2. Pakaianmu

Teman kencanmu mungkin tidak akan menilai apakah pakaian yang kamu kenakan bikinan desainer ternama atau bukan. Namun, mereka akan memperhatikan apakah penampilanmu cukup rapi dan dipersiapkan, karena itu menunjukkan seberapa penting kamu menilai pertemuan dengannya.

“Tergantung pada aktivitasnya, penampilan seseorang saat kencan bisa berbeda-beda. Namun biasanya, jika seseorang berpakaian tepat untuk acara tersebut, ini merupakan indikator yang baik bahwa mereka memiliki pemikiran yang sama denganmu,” kata Hazan. 

Orang yang berpakaian dengan tepat juga menunjukkan bahwa dia menaruh perhatian pada momen kencan itu, yang sama artinya dengan menghargaimu. Kamu tentu tidak akan mengenakan pakaian olahraga saat janjian makan malam kan?

Meski demikian, kita disarankan untuk tampil sesuai kepribadian kita, tidak berusaha menjadi orang lain.

"Kencan pertama memberikan kesempatan unik untuk menunjukkan siapa dirimu melalui cara berpakaian," ujar Elizabeth Mateer, LMHCA, direktur Divergent Wellbeing. "Biarkan kepribadianmu terpancar dari pilihan pakaianmu."

Baca juga: 5 Warna yang Sebaiknya Tidak Dipakai Saat Kencan Pertama

3. Bahasa tubuhmu

Meskipun merasa sedikit gugup saat berkencan adalah hal yang wajar, perilaku tertentu dapat memberikan kesan yang sangat spesifik. Teman kencanmu mungkin tidak secara sadar mencatat bahasa tubuhmu, tetapi mereka akan menangkap energimu.

"Lengan yang disilangkan misalnya, bisa mengirimkan sinyal bahwa kamu tertutup atau tidak nyaman. Kontak mata yang buruk sering kali merupakan tanda tidak percaya diri, dan membungkuk saat duduk di kursi dapat berarti banyak hal; misalnya kurang bersemangat," jelas Shawn LaRe Brinkley, LMFT, pendiri Living Loved Pathways to Holistic Healing.

Bahasa tubuh juga dapat memberi isyarat kepada teman kencan apakah kamu menganggapnya menarik atau tidak. Memposisikan tubuh condong ke arah mereka adalah pertanda baik, kata Hazan, seperti halnya mempertahankan kontak mata.

Ilustrasi pasangan bahagiaDragonImages Ilustrasi pasangan bahagia

4. Caramu tertawa

Cara kamu tertawa akan meninggalkan kesan mendalam pada seseorang, karena ini menunjukkan seberapa serius kepribadianmu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com