Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Loafers, Sepatu Tanpa Tali yang Bisa Dikenakan Kasual atau Resmi

Kompas.com - 20/01/2024, 22:23 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Di antara berbagai jenis sepatu yang kita kenal, salah satunya adalah loafers, atau beberapa orang menyebutnya pantofel, dari bahasa Perancis pantoufles.

Sepatu yang sudah ada sejak beberapa abad lalu ini sebenarnya ditujukan untuk suasana kasual.

Namun dalam perkembangannya, karena nyaman dan banyak bangsawan dan orang penting memakainya, maka beberapa budaya memasukkannya sebagai salah satu sepatu yang bisa dipakai pada acara resmi.

Yang jelas, untuk penampilan yang lebih keren, sepatu ini bisa menggantikan sandal atau selop, dengan kepraktisan serupa karena sangat mudah dipakai.

Di negara-negara empat musim, loafers umumnya dikenakan saat musim panas, yang artinya sepatu jenis ini cocok dipakai di negara seperti Indonesia karena tidak akan membuat kaki terasa gerah dan panas.

Baca juga: Ada Banyak Jenis Sepatu, Tahukah Kamu Bedanya?

Lalu loafers seperti apa yang sebaiknya kita pilih?

Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya kita mengenal apa itu sepatu loafers.

Loafers adalah sejenis sepatu formal (dress shoe) yang cara pakainya cukup dengan memasukkan kaki ke dalamnya (slip on). Sepatu yang terbuat dari kulit ini umumnya memiliki hak yang rata dan bagian atasnya tidak menggunakan tali atau gesper.

Sejarah loafers

sepatu loafers sepatu loafers
Sepatu loafers memiliki cerita yang menarik. Jenis alas kaki ini lahir dari kombinasi mokasin atau sepatu tradisional penduduk asli Amerika dan sandal petani Norwegia. Perusahaan pertama yang memproduksi sepatu loafers adalah G.H. Bass, merek yang sudah ada sejak tahun 1876.

George Henry Bass – pendirinya – merilisnya pada tahun 1936 sebagai “Weejuns,” sebuah plesetan dari kata “Norwegian” untuk menunjukkan asal usulnya.

Saat diperkenalkan di Amerika Serikat, sepatu ini segera diadopsi oleh mahasiswa Ivy League, yang menjulukinya “Penny Loafers” karena mereka sering menyelipkan uang satu sen ke dalam lapisan di bagian atas sepatu untuk digunakan menelpon di telepon umum.

Gaya sepatu loafers ini tidak banyak berubah sejak kemunculan Weejun, menjadikannya item klasik yang tak lekang oleh waktu.

Jenis-jenis loafers

Selama bertahun-tahun,sepatu loafers berkembang dan berevolusi menjadi beberapa jenis untuk mengakomodasi pria dengan gaya berbeda.

Mana yang cocok untuk Anda? Jawabannya adalah semuanya!

Mengapa? Loafers adalah sepatu kasual. Sepatu ini dimaksudkan untuk dikenakan dalam konteks yang mirip dengan sepatu dress boots (sepatu bot yang rapi), smart namun kasual. Apa pun variannya, semuanya memiliki tujuan yang sama.

Wildsmith loafers

wildsmith loafers wildsmith loafers
Loafers model Wildsmith telah ada sejak tahun 1926 ketika perusahaan Wildsmith – awalnya mengkhususkan diri pada sepatu bot kavaleri tentara – merancang sepatu rumah untuk Raja George VI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com