Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Bra Berapa Hari Sekali? Simak Saran dari Dokter 

Kompas.com - 21/01/2024, 07:24 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bra merupakan produk fesyen yang menempel langsung dengan kulit payudara. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga kebersihan bra agar kulit payudara selalu sehat.

Namun, sebagian perempuan masih bingung mengenai ketentuan pemakaian bra yang tepat. Termasuk, sebaiknya ganti bra berapa hari sekali

Baca juga:

Tidak mengganti bra sesuai dengan saran dari dokter spesialis kulit, dapat menimbulkan risiko seperti iritasi pada kulit payudara hingga kerusakan bra. 

Ganti bra berapa hari sekali

Ilustrasi bra. Ganti bra berapa hari sekali?
Unsplash/ Uliana Kopanytsia Ilustrasi bra. Ganti bra berapa hari sekali?

Lantas, sebaiknya ganti bra berapa hari sekali? Simak penjelasan dan saran dari dokter spesialis kulit berikut ini. 

Dokter spesialis kulti, Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, menjelaskan, durasi mengganti bra bergantung pada aktivitas dan preferensi pribadi dari pemakainya. 

“Namun, umumnya, bra tidak perlu diganti lebih dari satu kali sehari, kecuali dalam situasi tertentu,” tuturnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (20/1/2024). 

Fitria memberikan panduan durasi mengganti bra berdasarkan sejumlah kondisi. Untuk aktivitas normal yang tidak terlalu berkeringat, lanjut Fitria, cukup mengganti bra sehari sekali.  

“Untuk kegiatan sehari-hari yang tidak terlalu mengeluarkan keringat, mengganti bra satu kali sehari atau setiap hari (sekali) cukup,” tuturnya.  

Sebaliknya, disarankan segera mengganti bra usai melakukan aktivitas fisik yang intens dan berkeringat, seperti olahraga. 

Baca juga:

Fitria menuturkan, durasi mengganti bra juga bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca, baik panas maupun lembap. 

“Pada cuaca yang sangat panas maupun lembap, atau menyebabkan berkeringat lebih banyak, mungkin perlu mengganti bra lebih sering untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan,” jelasnya. 

Durasi mengganti bra juga bergantung dari kondisi khusus pemakai seperti kulit sensitif. Bagi pemilik kulit sensitif, Fitria menyarankan untuk mengganti bra lebih sering untuk menghindari iritasi. 

Preferensi pribadi juga dapat mempengaruhi durasi durasi pemakaian bra. 

“Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman dengan mengganti bra lebih sering, terutama jika mereka sangat aktif atau memiliki preferensi kebersihan tertentu,” tuturnya. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com