Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2024, 13:33 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada berbagai perawatan untuk kulit muka berminyak. Salah satunya membersihkan wajah menggunakan sabun muka untuk kulit berminyak.

Melansir dari Medical News Today, sabun muka untuk kulit berminyak sebaiknya memiliki formula lembut atau gentle cleanser. Hindari sabun muka yang membuat kulit muka kering karena justru dapat menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih. 

Baca juga:

Oleh karena itu, disarankan untuk mencari sabun muka yang memiliki pH seimbang, artinya memiliki tingkat keasaman yang sama dengan kulit. Biasanya tingkat pH antara 4.1–5.8.

Selain itu, hindari kandungan bahan kimia dan formula keras, seperti alkohol dan sodium lauryl sulfate.

Sabun muka untuk kulit berminyak 

Kompas.com merangkum rekomendasi sabun muka untuk kulit berminyak, sebagai berikut. 

1. Senka Perfect Whip Acne Care

Senka Perfect Whip Acne Care, rekomendasi sabun muka untuk kulit berminyakDok. https://senka.id/ Senka Perfect Whip Acne Care, rekomendasi sabun muka untuk kulit berminyak

Sabun muka untuk kulit berjerawat yang satu ini, diperkaya dengan kandungan salicylic acid. Senka Perfect Whip Acne Care diklaim mampu bersihkan kotoran, sel kulit mati, sebum, dan sisa makeup yang mengakibatkan jerawat hingga ke pori-pori.

Selain itu, merek perawatan muka asal Jepang ini, memiliki kandungan kyoto chamomile extract yang kaya antioksidan dan antibakteri. Fungsinya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulit. 

Selain itu, ada kandungan white cocoon dan double hyaluronic acid yang membantu menjaga kelembapan alami kulit setelah cuci muka. Senka Perfect Whip Acne Care tersedia dalam dua ukuran, yakni 50 gram dan 120 gram dengan harga antara Rp 40.000 hingga Rp 80.000. 

2. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Cetaphil Oily Skin Cleanser, rekomendasi sabun muka untuk kulit berminyak.  
Dok. https://www.cetaphil.co.id/ Cetaphil Oily Skin Cleanser, rekomendasi sabun muka untuk kulit berminyak.

Varian Cetaphil ini, diformulasikan untuk tipe kulit kombinasi, berminyak, dan sensitif. Cetaphil Oily Skin Cleanser memiliki gel berbusa rendah yang dapat membersihkan secara mendalam dan mengecilkan pori-pori tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit.

Beberapa kandungan dalam Cetaphil Oily Skin Cleanser, antara lain niacinamide (vitamin B3) dan panthenol (pro-vitamin B5) untuk menjaga kelembapan alami kulit. 

Cetaphil Oily Skin Cleanser diklaim telah teruji secara klinis untuk membersihkan debu, minyak berlebih, dan sisa makeup tanpa membuat kulit terasa kering atau kaku. Harganya dibanderol antara Rp 50.000 hingga Rp 280.000 bergantung dari ukurannya. 

3. Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser 

Safi White Expert Oil Control & Anti Acne merupakan rangkaian produk untuk kulit berminyak dan masalah jerawat. Salah satunya adalah Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser. 

Sabun muka ini, mengandung habbatus sauda yang dipercaya memelihara kulit agar sehat dan cerah. Kandungan antioksidan dalam habbatus sauda membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Produk ini juga dilengkapi dengan teknologi oxywhite dan mineral zinc & absorbent, yang mengandung anti bakteri untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan sebum serta merawat kulit berjerawat. Harganya dibanderol antara Rp35.000 hingga Rp 45.000 untuk kemasan 100 gram. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com