Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2024, 10:09 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Orang sering kali malu atau tidak mau mengakui saat mereka tertarik pada seseorang. Mereka biasanya mencoba bersikap tenang —terutama jika tidak yakin apakah orang yang ditaksirnya juga menyukainya. 

Namun tanpa dikatakan pun, kita sebenarnya bisa melihat perasaan orang dari perilakunya. Faktanya, sebagian besar dari kita secara tidak sadar bertindak secara berbeda ketika berhadapan dengan orang yang membuat kita jatuh cinta.

Beberapa perilaku kasmaran tersebut bisa cukup jelas terlihat, meski ada pula yang samar-samar. Nah, bagaimana tanda-tandanya jika seseorang menyukai kita atau tidak?

Tanda orang menyukai kamu

1. Meniru gerakan atau ekspresimu

Orang-orang cenderung meniru perilaku orang yang mereka anggap menarik secara tidak sadar, kata Marley Howard, LMFT, seorang terapis perilaku. 

Jika kamu melihat seseorang "secara tidak sadar meniru sebagian dari gerakan, ekspresi, dan kebiasaanmu", itu pertanda halus bahwa dia mungkin menyukaimu, catatnya.

"Misalnya jika kamu memegang rambutmu, dia juga akan memegang rambutnya. Jika kamu menggerakkan leher ke kiri atau memasukkan tangan ke saku, dia mungkin juga akan mengikutinya," jelas Kerry Lauders, pakar hubungan di Startups Anonymous. "Ini adalah cara untuk menunjukkan bahwa mereka selaras denganmu."

Baca juga: 7 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Seseorang Menyukaimu

2. Sering melakukan kontak mata

Jika seseorang kerap melakukan kontak mata saat bicara denganmu atau matanya kerap tertuju padamu saat dalam kelompok, dia mungkin tertarik padamu. 

“Mereka melakukan ini karena ingin mengenalmu lebih dekat dan memperhatikan apa yang kamu katakan,” jelas Sameera Sullivan, pakar hubungan. “Kontak mata dapat menciptakan hubungan emosional yang kuat.”

Mereka juga kemungkinan akan terus menatapmu atau curi-curi pandang secara refleks. "Ketika seseorang tertarik padamu, dia akan cenderung menatapmu lebih lama dari biasanya. Ini adalah cara mereka mencoba merasa lebih dekat denganmu."

Ilustrasi kencan pertama untuk cowok.Shutterstock/MDV Edwards Ilustrasi kencan pertama untuk cowok.

3. Kerap menyapa dan bertanya

Secara alami, saat kita tertarik pada seseorang, kita biasanya akan berusaha mengenalnya lebih baik. “Jika seseorang lebih kerap menyapa dan mengajukan banyak pertanyaan padamu, itu adalah tanda yang jelas bahwa dia tertarik,” tegas Suman Kumar Kahni, pakar hubungan dan pendiri Moodfresher. 

Menurut Kahni, pertanyaan merupakan cara penting untuk melakukan pendekatan dan membuka percakapan. “Mengajukan pertanyaan menciptakan hubungan antara dua orang dan memberikan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang satu sama lain,” katanya. “Interaksi ini dapat memicu ketertarikan dan menimbulkan rasa keakraban dan kedekatan.”

Baca juga: 7 Tanda Seseorang Menyukai Kamu yang Sering Tak Disadari

4. Ingat apa yang kamu katakan

Namun, bukan hanya pertanyaan-pertanyaan itu saja yang bisa menunjukkan ketertarikan. Tapi juga bagaimana mereka mengingat jawabanmu. 

Taylor Remington, seorang terapis dan pendiri Impact Recovery Center di Alabama, mengatakan bahwa ketika seseorang menganggap kamu menarik, dia biasanya akan memperhatikan dengan cermat apa yang kamu katakan. Dengan kata lain, dia tidak hanya menanyakan pertanyaan, tapi juga mendengarkan.

“Dia akan mengingat detail dari apa yang kamu sampaikan dan memakainya untuk memulai percakapan atau membangun hubungan yang lebih dalam,” jelas Remington. “Jika seseorang selalu mendengarkan dengan penuh perhatian saat kamu berbicara, itu bisa menjadi tanda bahwa dia menganggap kamu menarik.”

Seiring waktu, kamu mungkin dikejutkan oleh tindakan si dia yang benar-benar sesuai harapanmu. "Dia mungkin membawakan makanan favoritmu karena ingat kamu pernah menyebutkan bahwa kamu menyukainya," ujar Sandra Myers, pakar hubungan dan salah satu pendiri Select Date Society. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com