Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bahasa Tubuh Tanda Tidak Setuju yang Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 26/01/2024, 08:51 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Mungkin kamu pernah mengalami rasa bimbang karena tidak tahu apakah lawan bicaramu sepakat dengan apa yang kamu katakan atau tidak. Hal ini memang kerap terjadi di Indonesia, di mana untuk alasan sopan santun, orang kadang tidak secara gamblang menyatakan bahwa dirinya tidak setuju.

Meski demikian, sebenarnya kita bisa membaca persetujuan melalui bahasa tubuh yang mencerminkan perasaan seseorang, terutama jika bahasa tersebut memberikan tanda-tanda ketidaksetujuan yang jelas, seperti alis yang berkerut atau lambaian tangan yang meremehkan. 

Namun, ada juga orang yang pandai menyembunyikan perasaan mereka yang sebenarnya, sehingga kita harus lebih memperhatikan bahasa tubuh yang lebih halus untuk memahami maksud mereka.

“Kita mungkin bisa mengontrol pilihan kata-kata. Namun, sedikit ebih sulit jika kita harus mengendalikan nada suara sekaligus menyadari bahasa tubuh ketika kita tidak sepakat,” kata Beth Ribarsky, PhD, profesor komunikasi interpersonal di University of Illinois Springfield, dikutip Best Life. 

“Meskipun kita dapat dengan sengaja mengendalikan komunikasi nonverbal kita (misalnya tersenyum walau kita tidak setuju), banyak perasaan kita yang sebenarnya bocor secara tidak sadar melalui komunikasi nonverbal kita.”

Baca juga: 7 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Seseorang Menyukaimu

Nah, berikut beberapa petunjuk penting yang dapat kita perhatikan saat berkomunikasi untuk mengerti  delapan bahasa tubuh yang menunjukkan ketidaksepahaman.

1. Menyelipkan bibir ke dalam

Saat kamu berbicara dengan seseorang, perhatikan bibirnya. Jika mereka menggerakkannya ke dalam, itu mungkin menunjukkan ketidaksetujuan.

“Meskipun orang sering menggerakkan bibir atau mulutnya, tapi ketika seseorang mengatakan sesuatu yang tidak kita sukai, kita mungkin akan menyedot bibir kita ke dalam,” kata Ribarsky. 

"Ini mungkin merupakan cara yang tidak disadari untuk menggigit bibir guna menekan emosi atau menghindari mengatakan sesuatu yang dianggap tidak sopan."

2. Menundukkan kepala atau dagu

Indikator lain yang menunjukkan bahwa seseorang tidak senang dengan apa yang kamu katakan adalah arah kepalanya. Menurut Ali Levine, penyembuh, dan pelatih transformasi mental, jika lawan bicaramu mengarahkan dagunya ke bawah, berarti ada sesuatu yang salah.

“Kebanyakan orang melihat ini sebagai sikap 'pemalu', tapi saat seseorang menundukkan dagu, mereka sebenarnya berkata, 'Saya tidak nyaman, saya tidak mempercayai kamu, saya sedang mencari jalan keluar.'"

Levine melanjutkan, "Dagu diturunkan biasanya berarti: 'Saya tidak menyetujui pendapat yang disampaikan.'"

Baca juga: 8 Bahasa Tubuh yang Menandakan Kita Kurang Percaya Diri

3. Menggelengkan kepala secara halus

Menurut Ribarsky, indikasi ketidaksetujuan lainnya adalah jika seseorang menggelengkan kepala "tidak" (dari sisi ke sisi) selama percakapan. Hal ini mungkin berbeda antar kebudayaan, karena di India menggelengkan kepala seringkali tanda persetujuan.

"Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, perasaan kita yang sebenarnya sering kali bocor. Jadi, meskipun kamu berusaha untuk tetap lempeng, namun secara tidak sadar mungkin kamu menggelengkan kepala," katanya.

Ilustrasi pasangan ngambek.FREEPIK Ilustrasi pasangan ngambek.

4. Menghindari kontak mata

Menghindari kontak mata dapat menandakan beberapa hal berbeda, termasuk ketidaknyamanan dan juga ketidaksetujuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com