Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Perceraian Orangtua Bisa Tingkatkan Risiko Stunting pada Anak

Kompas.com - 03/02/2024, 06:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Perceraian orangtua dapat berdampak berbagai hal terhadap anak. Selain kasih sayang dan pola asuh secara keseluruhan, rupanya situasi ini juga bisa menyebabkan asupan gizi anak menjadi kurang terperhatikan.

Jika perceraian orangtua terjadi pada masa tahun awal kehidupan anak, maka potensi stunting pun meningkat.

"Bisa juga akibat perceraian kemudian berdampak pada sisi ekonomi, sehingga sosok single parent harus mencari pemasukan atau bahkan pergi ke luar negeri. Alhasil, anak menjadi korban dari keadaan tersebut," ujar Ketua Tim Kerja Data dan Informasi mewakili Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah, Iwan Dwi Antoro, Spd, MSc dalam keterangan resmi, Selasa (2/2/2024), seperti dikutip dari Tribunnews.

Baca juga:

Stunting bukan secara langsung terjadi karena kurangnya kasih sayang bagi anak. Namun, kurang kasih sayang memberikan stimulan lebih untuk peningkatan risiko stunting atau kekurangan gizi kronis pada 1.000 hari pertama kehidupan.

Menurutnya, edukasi percepatan penurunan stunting perlu terus dilakukan karena mengancam keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Stunting tak melulu terjadi karena masalah gizi, tetapi juga faktor penyebab lain seperti keadaan psikologis anak dan ibu dan kurangnya kasih sayang.

Ia menekankan, orangtua diminta mempersiapkan pernikahan dan kehadiran anak dengan matang.

Baca juga:

Termasuk di antaranya melakukan cek kesehatan tiga bulan sebelum menikah, melakukan pemeriksaan kehamilan minimal enam kali selama masa kehamilan, serta memerhatikan gizi ketika ibu hamil.

"Minum tablet tambah darah, memberikan asupan gizi dan nutrisi yang baik semasa kehamilan dengan memperbanyak protein hewani," tuturnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com