Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2024, 20:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pakaian Imlek dan seluruh pernak-perniknya identik dengan warna merah.

Rupanya warna merah memiliki makna tersendiri, sehingga orang-orang Tionghoa harus memakainya dalam terutama saat Imlek.

Lantas, apa sebenarnya makna warna merah yang identik dengan pakaian Imlek? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.

Baca juga:

Alasan pakaian Imlek identik dengan merah

Menurut Boeng, salah seorang pedagang di Petak Sembilan, ada alasan tersendiri mengapa merah tidak dapat terpisahkan dari perayaan Imlek.

Hal ini karena merah diyakini memiliki makna yang mendalam, salah satunya sebagai pembawa rezeki dan keberuntungan.

"Merah itu sebagai daya tarik dan melambangkan rezeki. Makanya harus merah, cerah, itu soalnya identik dengan rezeki," kata Boeng kepada Kompas.com di Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/2/2024).

Busana Imlek cheongsam dan cipao yang dijual pedagang di trotoar Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/2/2024).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Busana Imlek cheongsam dan cipao yang dijual pedagang di trotoar Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/2/2024).

Ia mengungkapkan, pakaian yang dikenakan saat malam Imlek dan perayaan Imlek harus berwarna merah.

Ini juga menjadi kebiasaan turun temurun dari leluhur.

"Ini turun temurun ya dari leluhur kita, kalau malam Imlek pas mau tidur, sama hari pertama Imlek harus bajunya warna merah. Besoknya mau pakai warna baju apapun terserah," ujar dia.

Baca juga:

Lebih lanjut, seperti dikutip dari laman Lifestyle Asia, Senin (5/2/2024), merah merupakan warna tradisional suku Han, kelompok etnis dominan di Tiongkok, yang menandakan keberuntungan, vitalitas, perayaan, dan kemakmuran.

Khususnya pada perayaan Imlek, orang-orang Tionghoa akan mengenakan pakaian berwarna merah untuk meningkatkan keberuntungan dan mengusir roh-roh jahat.

Menariknya, ketika Imlek dimulai banyak orang yang mengenakan segala sesuatu yang berwarna merah, dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Warna merah menyala juga melambangkan gairah dan cinta. Jadi, kita dapat menambahkan warna ini pada pakaian dan memadukannya ke dalam dekorasi rumah bersama dengan warna-warna keberuntungan lainnya untuk membawa keharmonisan dan kemakmuran.

@kompas.lifestyle Gaun pengantin jadi salah satu perhatian utama dalam acara pernikahan. Sadar nggak sih, meskipun warnanya macam-macam, tapi gaun pengantin tetap lebih sering terlihat. Emangnya iya, gaun pengantin harus warna putih? Daripada penasaran, yuk simak video ini sampai habis buat tahu jawabannya! #wedding #gaun #pengantin #bridestory ? Beautiful in White - Shania Yan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com