Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2024, 22:08 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat, seperti keriput atau kulit kendur. Sebagian orang berupaya untuk tetap awet muda dengan mencoba berbagai usaha. 

Salah satunya adalah minum minuman yang bikin awet muda. Lantas, apa benar ada minuman bikin awet muda? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: 8 Cara untuk Memperlambat Usia Biologis agar Awet Muda

Baca juga: Benarkah Makan Kacang Almond Bisa Bikin Wajah Tampak Awet Muda?

Apa benar ada minuman bikin Awet muda?

dr. Evelyne Anggun Natalie. Dipl. AAAM dari Skinevo Clinic Jakarta, membenarkan bahwa ada sejumlah minuman yang membuat tubuh awet muda. 

“Ada minuman tertentu yang membuat awet muda, ada,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (6/2/2024).

Salah satunya, lanjut Evelyne, adalah minuman yang mengandung kolagen.

“Ada yang bertanya, kalau kita minum kolagen bagus enggak? Bagus, buat awet muda,” katanya. 

Ilustrasi kolagen, manfaat kolagen, fungsi kolagen. Shutterstock/YuliaLisitsa Ilustrasi kolagen, manfaat kolagen, fungsi kolagen.

Melansir dari Cleveland Clinic, kolagen merupakan protein penting di dalam tubuh. Bahkan, kolagen menyumbang 30 persen dari total protein di dalam tubuh. 

Kolagen merupakan protein utama yang menyusun kulit, otot, tulang, tendon dan ligamen tubuh, serta jaringan ikat lainnya. Selain itu, kolagen juga ditemukan di  organ, pembuluh darah, dan lapisan usus.

Namun, tubuh memproduksi lebih sedikit kolagen seiring bertambahnya usia. Selain itu, kolagen dalam tubuh juga terurai lebih cepat dan berkurang kualitasnya seiring bertambahnya usia. 

Meskipun kolagen tidak dapat diukur seperti lewat tes darah, namun ada tanda-tanda bahwa kadar kolagen dalam tubuh menurun. Tanda dan gejala tersebut salah satunya adalah kulit keriput, berkerut, atau kendur.

Tanda lainnya adalah otot menyusut, nyeri otot, tendon dan ligamen yang lebih kaku dan kurang fleksibel, nyeri sendi atau osteoartritis, masalah gastrointestinal akibat penipisan lapisan saluran pencernaan, dan masalah dengan aliran darah.

Karenanya, minum suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu menjaga kadar kolagen sehingga mencegah penurunannya, yang dapat mengakibatkan kulit keriput, kendur, dan sebagainya. 

Ilustrasi mengonsumsi suplemen kolagen untuk membantu merawat kesehatan kulit dan tubuh. Shutterstock/Prathankarnpap Ilustrasi mengonsumsi suplemen kolagen untuk membantu merawat kesehatan kulit dan tubuh.

Melansir dari Verywell Health, cara paling pasti untuk membantu tubuh memproduksi kolagen adalah dengan mencukupi kebuturuhan protein dan nutrisi lainnya.

Caranya dengan minum satu cangkir kaldu tulang sehari atau minuman lain yang dicampur dengan bubuk kolagen terhidrolisis.

Baca juga: 5 Rahasia Awet Muda secara Alami Tanpa Perawatan di Klinik

Baca juga: Benarkah Minum Jamu Bisa Bikin Awet Muda?

Selain kolagen, Evelyne menuturkan bahwa minuman yang bikin awet muda lainnya adalah minuman yang membuat awet muda adalah minuman yang mengandung vitamin E, vitamin C, dan Omega 3. 

“Vitamin E, Vitamin C, dan Omega 3 seperti di salmon, (membuat awet muda) itu ada penelitiannya,” kata Evelyne. 

Tidak kalah pentingnya, lanjut Evelyne, adalah menjaga gaya hidup sehingga tubuh tetap sehat. Hindari beberapa kebiasaan yang berpengaruh buruk bagi kesehatan, seperti begadang, merokok, makan junk food, minum alkohol, dan konsumsi gula berlebih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com