Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2024, 13:09 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Masa pendekatan atau PDKT merupakan langkah awal untuk mengetahui pribadi calon kekasih. Saat PDKT, komunikasi adalah hal yang penting. 

Psikolog, Dr. Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., menuturkan, masa pendekatan atau PDKT adalah masa awal hubungan, di mana sudah ada rasa ketertarikan, tapi belum ada komitmen.

“Tujuan masa PDKT ini adalah untuk mengenal lebih jauh si calon pasangan dan melihat kemungkinan untuk berkomitmen sebagai pasangan,” jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Jumat (9/2/2024). 

Baca juga:

Namun, mencari topik PDKT kerap kali membingungkan, khususnya bagi yang baru kenal. Berikut, ide topik PKDT buat yang baru kenal agar tidak terkesan canggung. 

Ide topik PDKT baru kenal

Pingkan, mengatakan sebaiknya topik PDKT dimulai dengan hal-hal yang berkaitan dengan gebetan. Karenanya, kamu perlu mencari tahu informasi seputar gebetanmu agar menemukan topik yang menarik. 

“Maka, ada baiknya cari tahu dahulu info kegiatan si gebetan. Lalu coba mulai dari situ,” jelas Pingkan. 

Senada, Founder Pembelajar Hidup dan Life Coach, Deny Hen, menuturkan bahwa cara mencari topik PDKT sebaiknya dimulai dengan mengenali hal-hal yang disukai atau menjadi perhatian gebetan.   

“Prinsipnya orang akan suka bercakap-cakap tentang topik yang disukainya dan topik yang dikuasainya,” jelas Deny Hen. 

“Ini bukanlah topik yang random, tetapi topik yang menjadi perhatian bagi gebetan,” imbuhnya. 

Ilustrasi PDKT, topik PDKTFreepik / Lifestylememory Ilustrasi PDKT, topik PDKT

1. Hobi 

Kamu bisa memulai percakapan dengan menanyakan hobi atau kegiatan yang biasa dilakukan oleh calon pasangan pada waktu senggang. 

Deny Hen menekankan pentingnya mutual hoobies, artinya memiliki hobi sejenis, berpotensi sama, atau memiliki ketertarikan yang serupa. 

“Jika tidak, ada kemungkinan Anda akan kerepotan untuk mengikuti hobi itu nantinya. Lalu, dia akan menemukan bahwa Anda tidak sungguh-sungguh suka dan kekecewaan-kekecewaan bisa timbul,” jelas Deny Hen. 

2. Pekerjaan 

Selain hobi, pekerjaan merupakan topik yang paling ringan untuk dibahas saat PDKT dengan orang yang baru kenal. Jika kalian memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda, maka bisa saling bertukar informasi mengenai bidang pekerjaan masing-masing.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com