Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dicari Orang Saat Memilih Pasangan, Menurut Penelitian 

Kompas.com - 01/02/2024, 10:09 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Setiap perempuan tentu tertarik pada pria ganteng. Sebaliknya para lelaki pun pasti menyukai wanita yang cantik. Memang penampilan dan bentuk badan yang ideal bisa menjadi keunggulan saat mencari pasangan. 

Namun penampilan luar ternyata bukanlah satu-satunya hal yang membuat seseorang menarik bagi pasangannya. Faktanya, prioritas utama dalam hubungan yang serius justru tidak terlalu tergantung pada penampilan.

Menurut survei, ada beberapa hal utama yang kerap diperhatikan orang saat mencari pasangan. Meski setiap budaya memiliki preferensi yang bervariasi, namun ada beberapa kesamaannya, terutama pada orang-orang modern.

Baca juga: Sifat Pria yang Bikin Wanita Kesal setelah Resmi Menikah

Lalu apakah sifat, kepribadian, dan kondisi yang menurut orang paling menarik perhatian mereka dalam hal memilih pasangan?

Humor dan kecerdasan dianggap sebagai sifat paling menarik

Studi yang dilakukan oleh OnePoll, mensurvei 2.000 orang Amerika berusaha mencari tahu apa yang menurut mereka merupakan sifat paling menarik dari seorang pasangan. 

Hampir separuh responden (44 persen) menyebutkan selera humor dan kecerdasan berada di urutan teratas. Siapa yang tidak menginginkan seseorang yang bisa menceritakan lelucon yang selalu bisa memberitakan tawa?

Baca juga: Pria Humoris Lebih Diidamkan Wanita Ketimbang Pria Romantis

Ilustrasi konglomerat. Thinkstockphotos.com Ilustrasi konglomerat.

Keamanan finansial alias kondisi ekonomi dianggap penting

Tidak ada orang yang ingin hidup susah, karenanya tidak heran bila mereka yang memiliki kekayaan, kedudukan, atau pekerjaan yang bagus akan dianggap lebih menarik

Dalam penelitian di atas, sebanyak 42 persen responden menyebut keamanan finansial sebagai salah satu daya tarik utama.

Penelitian yang dilakukan oleh Shakelford, Schmitt, dan Buss pada 2005 terhadap data dari survei yang diikuti 4.499 laki-laki dan 5.310 perempuan dari 37 budaya di enam benua menunjukkan kemiripan. 

Kebanyakan orang cenderung berusaha mencari pasangan dengan prospek keuangan yang baik dan status tinggi, atau seorang yang penyayang dan tertarik kepada mereka. Ini menunjukkan bahwa keamanan dan kesejahteraan menjadi hal yang diinginkan dalam berumah tangga.

Baca juga: Apakah Benar Wanita Lebih Tertarik dengan Pria Kaya?

Responden juga mencari kekasih yang stabil dan matang, atau memiliki penampilan menarik dan sehat. Meski begitu, laki-laki dan perempuan kerap berbeda pada aspek-aspek tertentu, misalnya penampilan, kepribadian, dan status ekonominya.

Laki-laki dilaporkan cenderung mencari pasangan yang menarik secara fisik dan sehat. Sementara, perempuan cenderung memilih pasangan berdasarkan status dan apa yang dimilikinya, seperti pendidikan, pekerjaan, kekayaan, dan kecerdasan.

Kesamaan agama dan kecocokan budaya

Menurut survei, orang-orang cenderung memilih pasangan yang cocok dengannya, baik secara minat dan budaya (terutama di budaya timur), atau seseorang dengan agama yang sama.

Ini terutama terjadi di negara-negara yang menganggap agama sebagai sesuatu yang penting untuk menentukan kebahagiaan rumah tangga.

Hal tersebut terlihat dari survei Jajakpendapat.net terhadap 1.135 responden di Indonesia. Lebih dari separuh responden berpendapat kesamaan agama adalah faktor terpenting saat mencari pasangan, diikuti kepribadian calon pasangan.

Kualitas yang dianggap penting selanjutnya oleh responden dalam survei ini adalah selera humor pasangan --hal yang lebih dicari di budaya lain ketimbang kesamaan agama.

Sementara penampilan seperti wajah, bentuk tubuh, serta tingkat pendidikan dan kondisi ekonomi justru menempati peringkat bawah sebagai kualitas yang diharapkan dari calon pasangan.

Survei serupa yang dilakukan situs kencan online Australia terhadap 700.000 responden memiliki hasil yang berbeda.

Kebanyakan responden lebih mengutamakan persahabatan dan kecocokan sebagai hal yang dicari dari pasangan. Sementara keyakinan, usia, suku, pendidikan, dan penghasilan malah tidak terlalu dipedulikan para responden.

Baca juga: Bukan Payudara Besar yang Dicari Pria dari Wanita, Tapi...

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com