Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2024, 17:19 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki ciri yang berbeda dibanding orang lain, baik dari warna kulit, rambut, mata, dan lainnya. Karenanya, warna yang cocok dikenakan setiap orang juga bisa berbeda.

Tapi tidak semua orang telah menemukan warna yang paling baik untuk dipakainya. Warna yang membuat kulit terlihat lebih bercahaya, mata terlihat lebih bersinar, dan rambut terlihat lebih berkilau. 

Sayangnya, warna misterius ini tidak selalu mudah ditemukan. Faktanya, sering kali dibutuhkan berbagai pendpat dan pengalaman untuk menentukan dengan tepat mana warna yang cocok untukmu. 

Baca juga: Warna Terbagus untuk Dipakai Berfoto, Apa Saja?

Meski begitu, kamu bisa mencari warna khas kamu sendiri dengan tips berikut.

Cara menemukan warna yang paling cocok

1. Catat dan ingat pujian

Pujian yang tulus bisa menjadi salah satu kunci untuk menentukan warna paling cocok bagimu.

"Ketika seseorang mengatakan 'warna itu cocok untukmu' berarti kamu memang berpadu dengan indah saat menggunakan warna tersebut,” kata Jaquelyn Wahidi, personal stylist di San Diego, California. 

"Saat kamu mengenakan warna yang cocok, kamu akan terlihat lebih menonjol dan bersinar," lanjutnya. "Tapi pastikan dia mengatakan bahwa warna tersebut cocok untukmu, saat kamu pakai, bukan dia menyukai warna itu lalu menyuruhmu memakainya."

Setelah kamu memakainya, perhatikan apakah ada orang lain yang memujimu dengan warna itu. Bila ya, maka kamu mungkin sudah menemukan warna yang cocok untukmu.

2. Coba analisis warna 

Jika kamu mengunjungi penata gaya pribadi untuk mencari warna khas kamu, kemungkinan besar mereka akan menyarankan Analisis Warna Musiman. Untuk menentukan warna yang cocok, kamu akan diminta mencoba serangkaian contoh warna dan dievaluasi mana yang paling baik.

“Cara ini memerlukan mata yang tajam dan berpengalaman, oleh karena itu pilihlah penata gaya profesional yang memiliki kemampuan dan berpengalaman dalam analisis warna untuk memastikan akurasi,” kata Elizabeth Kosich, penata gambar dan pendiri Elizabeth Kosich Styling.

“Selain itu, cara yang terbaik adalah bertemu langsung, bukan secara online, untuk mendapatkan cahaya alami dan presisi karena layar komputer memiliki margin kesalahan yang tinggi,” jelas Kosich. 

Baca juga: Warna Pakaian yang Membuatmu Tampil Lebih Menarik

3. Pelajari rona kulitmu

Jika kunjungan ke stylist tidak memungkinkan, ada cara lain yaitu mengidentifikasi rona kulit atau undertone, untuk menemukan warna yang paling cocok, di rumah.

Pertama, tentukan apakah kulitmu memiliki rona kulit dingin atau hangat. Wahidi mengatakan kamu bisa melihat perhiasan yang kamu sukai untuk mengidentifikasi rona kulitmu.

Jika kamu terlihat cocok dengan warna emas, kaamu mungkin memiliki rona kulit hangat, sedangkan jika kamu terlihat lebih baik dengan warna perak, kemungkinan besar rona kulitmu dingin.

Lihat juga warna pembuluh darah di telapak tanganmu. Jika warnanya kebiruan, maka undertonemu cenderung dingin, sedangkan jika kehijauan, maka undertonemu kemungkinan hangat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com