Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Pakai Mentimun di Mata untuk Lenyapkan Lingkar Hitam?

Kompas.com - 18/02/2024, 10:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menghidrasi kulit.

Untuk itu, meletakkan mentimun di mata juga bisa membantu mengurangi bengkak pada area mata sekaligus membantu menstimulasi darah di kulit, seperti dilansir dari Real Simple.

Selain itu, menurut Healthline mentimun memiliki efek mendinginkan yang juga bisa memberikan tampilan lebih segar.

Baca juga:

Sayuran ini tinggi akan vitamin C dan asam volat. Vitamin C membantu menstimulasi pertumbuhan sel-sel baru, sementara asam volat membantu menstimulasi antioksidan yang membantu kulit menangkal racun-racun lingkungan yang bisa membuat mata menjadi lelah dan tampak bengkak.

Lalu, berapa lama harus menggunakannya agar hasilnya terlihat? Berikut ulasan singkatnya.

Berapa lama pakai mentimun di mata?

Kita bisa meletakkan potongan mentimun yang telah didinginkan selama sekitar 30 menit, kemudian meletakannya di mata selama sekitar 10-15 menit.

Namun sebelumnya, cuci bersih mentimun terlebih dahulu. Kemudian, cek apakah kulit kita sensitif terhadap mentimun.

Untuk menggunkannya, potong kedua ujung mentimun. Lalu, potong dua iris mentimun sebesar lebih-kurang setebal 2,5 sentimeter.

Baca juga:

Jika selama menggunakannya, satu area mentimun sudah terasa hangat, kita bisa membaliknya untuk menikmati sensasi sejuk itu lagi di mata.

Perawatan ini bisa diulangi sebanyak yang kita perlukan dan inginkan.

Namun, jika tidak melihat hasilnya setelah dilakukan selama beberapa waktu, mungkin kita perlu mendiskusikannya dengan dokter kulit.

Selain menggunakan mentimun secara langsung, kita juga bisa membeli produk ekstrak mentimun yang banyak tersedia di drug store.

@kompas.lifestyle Jerawat biasanya muncul karena pola makan yang nggak sehat, stres, pola tidur, atau bahkan karena terlalu cuek dengan kebersihan kulit wajah. Tapi banyak orang menganggap bahwa jatuh cinta juga bisa memicu munculnya jerawat. Apa iya? Yuk, simak penjelasan medisnya di video ini! #acne #jerawat #skincare #lifestyle ? Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusic
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com